Apakah Anda Sering Kesemutan? Bisa Jadi Itu Gejala Diabetes Tipe 2

oleh -0 views
Ilustrasi. Sering lapar juga menjadi tanda awa diabetes mulai menyerang. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Mengenali gejala diabetes sangat penting, sehingga anda bisa dengan cepat melakukan pengobatan. Jika anda sering kesemutan, bisa itu menjadi tanda diabetes mulai menyerang. Karena itu, ketahui lebih cepat tanda-tanda Diabetes Tipe 2.

Saat ini, gaya hidup yang penuh tekanan dan pola makan yang tidak sehat sering kali menyebabkan satu atau lebih masalah kesehatan.

Di antara penyakit akibat gaya hidup yang paling umum adalah diabetes. Diabetes sendiri merupakan penyakit seumur hidup yang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Penyakit ini harus dikelola.

Jika tidak, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan masalah lain seperti gagal ginjal atau jantung. Diabetes disebabkan tubuh kita tidak mampu mengubah gula dalam makanan menjadi glukosa untuk energi.

Akibatnya kadar gula dalam tubuh meningkat, menyebabkan sejumlah komplikasi lain. Pankreas kita bertanggung jawab untuk mengeluarkan hormon yang disebut insulin yang mengubah gula dalam darah menjadi glukosa.

Diabetes adalah kondisi di mana tubuh tidak menghasilkan cukup insulin untuk konversi atau tubuh tidak merespons insulin yang diproduksi. Lonjakan kadar gula darah meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, gagal ginjal, kehilangan penglihatan dan kerusakan organ dalam lainnya.

Diabetes sering diklasifikasikan menjadi dua tipe utama yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 didiagnosis pada tahap awal kehidupan. Ini pada dasarnya adalah penyakit auto-imun dimana tubuh menyerang sel beta yang memproduksi insulin.

Sistem kekebalan terus menyerang sel-sel ini sampai pankreas tidak dapat memproduksi insulin. Ini adalah bentuk diabetes terburuk. Ilmuwan tidak yakin apa yang menyebabkan ini dan tidak ada obat untuk itu.

Orang dengan diabetes tipe 1 harus menjalani suntikan insulin seumur hidup. Sedangkan diabetes tipe 2, seringkali merupakan akibat dari gaya hidup yang tidak sehat dan penambahan berat badan.

Ini dimulai ketika tubuh tidak mampu menghasilkan cukup insulin untuk mengubah semua gula dalam tubuh menjadi glukosa. Ini adalah bentuk diabetes yang paling umum.