Upaya Pulihkan Ekonomi, Pemkab Inhu Gelar Pelatihan Usaha Produktif

oleh -6 views
Bupati Rezita melihat hasil kerajinan peserta pelatihan. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Pemkab Inhu terus berupaya mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat setelah pendemi covid 19 mereda. Salah satunya dilakukan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) menggelar pelatihan perempuan di pedesaan untuk usaha produktif, Kamis (23/09/2021).

Pelatihan dibuka Bupati Rezita Meylani didampingi Camat Rengat Sustiono, Kepala DPPPA Wardiati, Kadis Kominfo Jawalter dan undangan lainnya.

Wardiati mengatakan, pelatihan digelar khusus untuk ibu-ibu yang kini menjadi tulang punggung keluarga. Tujuannya membantu dan meningkatan ekonomi produktif para ibu di pedesaan. 

Sebanyak 25 peserta pelatihan berasal dari Kecamatan Rengat, Rengat Barat, Pasir Penyu, Lirik dan Kecamatan Sungai Lala. 

“Pelatihan berlangsung dua hari, 23-24 September 2021 dengan narasumber dari kabupaten. Metode pelatihan selain materi juga praktek,” ujar Wardiati. 

Dia berharap, usai pelatihan semua kecamatan memiliki produk unggulan. Selain produk olahan makanan, Inhu diharapkan memiliki hasil kerajinan seperti batik dan songket asli Inhu. 

Wardiati menambahkan, tahun ini Inhu telah memperoleh penghargaan Kota Kayak Anak predikat Madya dan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Penghargaan tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam penyetaraan gender dan pertama kali diraih Inhu. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta