News  

Mohammad Natsir: Pahlawan Nasional Asal Solok, Pernah Jadi Perdana Menteri

Mohammad Natsir. (Foto: Antara/Dok. Keluarga)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Indonesia pernah memiliki sejumlah sosok ulama yang berjuang demi bangsa, salah satunya Mohammad Natsir.

Mohammad Natsir dikenal sebagai seorang ulama yang gigih memperjuangkan hak-hak bangsa melalui pemikiran-pemikirannya. Di era kemerdekaan, Natsir pernah menduduki sejumlah jabatan mulai Menteri Penerangan sampai Perdana Menteri Indonesia.

Kiprah Pahlawan Nasional asal Solok, Sumatera Barat ini juga diakui di kancah internasional. Hal itu terbukti dengan Natsir yang pernah menjadi presiden sejumlah organisasi internasional, seperti Liga Muslim Dunia.

Mohammad Natsir lahir di Alahan Panjang, Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar) tanggal 17 Juli 1908. Natsir lahir dari keluarga Minangkabau yang taat dalam menjalankan ajaran agama Islam.

Ayahnya bernama Mohammad Idris Sutan Saripado dan ibunya bernama Khadijah. Awalnya ayah Natsir bekerja sebagai juru tulis di kantor kontroler di Maninjau, namun tahun 1918 ke Ujung Pandang, Sulawesi Selatan sebagai sipir.

Natsir memulai pendidikan di Sekolah Rakyat Maninjau selama dua tahun. Berikutnya dia pindah ke Hollandsche-Inlandsche School (HIS) atau sekolah Belanda untuk pribumi di Adabiyah, Padang.

Namun Natsir harus pindah lagi ke Solok dan dititipkan kepada seorang saudagar bernama Haji Musa. Layaknya anak-anak Minangkabau, Natsir bersekolah di HIS Solok pada pagi hari dan malam harinya mengaji di Madrasah Diniyah.

7 / 100
banner 325x300