Ketahuilah 10 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan, Sangat Bagus Buat Buka Puasa

Kurma memiliki banyak manfaat dan bagus dikonsumsi saat berbuka puasa. (Foto: Merdeka.com)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Berbuka puasa denga buah kurma, memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Kurma merupakan buah yang sering kita jumpai saat bulan Ramadhan.

Mengonsumsi kurma dengan jumlah ganjil di saat berbuka puasa juga merupakan keutamaan, karena Nabi Muhammad SAW juga melakukan hal yang demikian.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Artinya:
“Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air.”

Mengutip bdkpalembang.kemenag.go.id, hadits di atas menunjukkan keutamaan menyegerakan berbuka puasa apabila telah tiba waktunya, terutama dengan memakan kurma.

Disamping khasiat kesehatannya, mengonsumsi kurma dapat menjadi amal ibadah jika dilakukan dengan niat mengikuti sunnah rasul.

Lantas, apa saja manfaat kurma bagi kesehatan?

Mengutip dinkes.kurkab.go.id, berikut adalah 10 manfaat mengonsumsi kurma tiap hari:

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori
Karena sering kali dikeringkan, kadar kalori yang terkandung dalam kurma termasuk tinggi dibandingkan buah lain. Sebagian besar kalori kurma datang dari karbohidrat. Dan sisanya, datang dari protein.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan
Dengan serat sebanyak 7 gram dalam porsi 3,5 ons (0,99 kg), Anda bisa memasukkan kurma ke dalam diet harian. Serat dalam kurma dapat mencegah konstipasi dan bikin gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

9 / 100
banner 325x300