Bagi Perokok, 8 Makanan Ini Bisa Membantu Bersihkan Paru-paru

Pentingnya membersihkan paru-paru (Foto: iStock)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Saat seseorang berhenti merokok, ternyata sisa-sisa racun masih tersisa di paru-paru. Butuh nutrisi sehat untuk membantu tubuh mengeluarkan racun-racun berbahaya tersebut.

Dalam beberapa situasi, paru-paru sangat baik untuk membersihkan dan memperbaiki diri. Namun, setelah cedera kronis seperti kerusakan akibat merokok selama bertahun-tahun, paru-paru hanya dapat bertahan untuk memperbaiki diri, namun tidak untuk membersihkan.

Dikutip dari Web MD, merokok menyebabkan dua jenis kerusakan jangka panjang pada paru-paru, yakni emfisema dan beronkitis kronis atau keduanya dikenal dengan penyakit paru obstuktif kronik (PPOK).

Penelitian menunjukkan, makan makanan yang kaya antioksidan dapat membantu melindungi paru-paru dari kerusakan akibat rokok dan polusi. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu membersihkan paru-paru :

1. Bluberi
Bluberi diperkaya vlavonoid anthocyanin, yakni antioksidan yang ditemukan untuk melindungi paru-paru seiring bertambahnya usia. Studi juga mengungkapkan bahwa antioksidan pada bluberi berperan dalam mengurangi perkembangan atau gejala PPOK.

2. Apel
Apel mengandung quercetin yang terbukti secara klinis bermanfaat bagi baru-paru. Quercetin membantu mengurangi risiko asma dan komplikasi PPOK dan bertindak sebagai anti-inflamasi untuk membantu mengurangi dampak negatif PPOK dan stres oksidatif dari lingkungan.

Quercetin dapat membantu paru-paru berfungsi lebih baik bagi perokok dan emfisema serta mengurangi efek keseluruhan dari asap rokok.

3. Tomat
Tomat adalah sumber karotenoid likopen yang terbukti mengurangi peradangan saluran napas. Sebuah Studi tahun 2017 menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi 2 tomat per hari mampu menunjukkan penurunan paru-paru yang lebih sedikit.

Meskipun tomat dapat secara langsung dikonsumsi, tubuh lebih mudah menyerap likopen saat tomat sudah dimasak.

4. Jamur
Vitamin D penting untuk membantu pengoptimalkan paru-paru. Jamur yang mengandung vitamin D dapat bantu kurangi peradangan di saluran pernapasan dan mendukung kesehatan paru-paru secara umum.

5. Kacang Polong
Kacang adalah sumber serat yang dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik serta mengurangi risiko kanker paru-paru.

6. Sayur Hijau
Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung kaya akan antioksidan dan keratenoid yang bantu turunkan peradangan paru-paru. Keratenoid dianggap melindungi sel dan berperan dalam menghalangi tahap awal kanker.

7. Telur
Telur diperkaya omega 3 dan protein. Selain itu, telur juga mengandung vitamin A yang bekerja untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan menumbuhkan sel-sel baru yang normal.

Ini membuat vitamin A yang terkandung pada telur dipercaya dapat menumbuhkan jaringan paru-paru yang sehat dan meningkatkan kesehatan jaringan paru-paru.

8. Red Peppers
Kandungan vitamin C, khususnya pada paprika dapat membantu melindungi paru-paru dari PPOK dan kanker paru-paru. (bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *