Kapten dan 4 ABK Kapal India Positif Covid-19, Satgas Riau: Kondisi Kapten Tergolong Berat

oleh -79 views
Ilustrasi. Petugas merawat pasien Corona. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi menjelaskan kondisi kapten dan 4 anak buah kapal (ABK) kapal asal India positif Covid-19. Dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/5/2021), dr Yovi menjelaskan, gejala keempat anak buka kapal (ABK) India itu masih tergolong ringan.

Namun untuk kondisi kapten kapal, harus mendapatkan perawatan khusus di salah satu rumah sakit di Pekanbaru karena tergolong gejala berat. “Tahu sendiri bagaimana perjuangan tim medis, pakai baju hazmat naik tangga kapal. Tapi, bagaimanapun ini tugas, siapa pun dan dari mana pun sudah kewajiban kita memberikan pertolongan,” imbuh Yovi.

Diberitakan sebelumnya, kapal asal India itu mengangkut 22 ABK, bersandar di Pelabuhan Dumai pada 27 April 2021. Dari hasil rapid tes, kapten dan empat ABK positif terinfeksi COVID-19. “Keempat ABK berkebangsaan India itu dinyatakan positif terpapar virus corona baru setelah mereka menjalani tes usap dari tenaga medis,” kata Yovi.

Sementara itu, hasil uji swab kapten kapal segera dikirim ke Jakarta untuk diteliti lebih lanjut. Hal dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran jenis virus COVID-19 varian baru. “Karena laboratorium kita belum bisa mendeteksi virus varian baru. Karenanya, sampelnya dikirim ke Jakarta,” tukasnya. (*)


Sumber: Kompas.com

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *