Kenali 5 Tanda Masalah Kesehatan Serius pada Tubuh

oleh -1.536 views
Mata terasa berpasir. (Foto: Istockphoto/dimarik)

Sensasi mata berpasir beserta gejala lainnya yang tak hilang dalam waktu lama, sebut Raj, bisa menjadi tanda abrasi kornea. Raj menyarankan Anda untuk segera mengunjungi dokter mata. Umumnya, kondisi ini akan pulih dengan obat antibiotik tetes.

Sering bersendawa
Tak cuma masuk angin, sendawa berlebih bisa jadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius. Sendawa bisa jadi pertanda tukak lambung dan gastroesophageal reflux disease (GERD).

Tukak lambung merupakan luka yang terjadi pada dinding lambung dan usus kecil. Sedangkan GERD merupakan penyakit kronis pada sistem pencernaan yang terjadi ketika asam lambung naik kembali ke saluran esofagus.

Namun, Raj mengingatkan, penting untuk diketahui bahwa paparan asam yang menerus pada kerongkongan dapat memicu perkembangan pra-kanker.

Kaki bengkak dan nyeri
Nyeri di kaki yang disertai bengkak, kram di otot betis, atau perubahan warna kulit bisa menjadi tanda pembekuan darah. Kondisi ini lebih rentan terjadi pada perokok, orang yang menggunakan kontrasepsi oral dan pengidap kanker. Raj mengingatkan, gumpalan darah yang serius bisa berakibat fatal.

Benjolan di bawah ketiak/pundak
Benjolan di bawah pundak atau sekitar ketiak bisa jadi masalah kecil, seperti pembesaran kelenjar getah bening karena virus. Namun, kondisi itu juga bisa menjadi tanda masalah yang lebih serius seperti kanker payudara.

Untuk itu, segera lakukan pemeriksaan jika benjolan bertahan dalam beberapa pekan. (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *