Ketahui 7 Dampak Positif Minum Kopi Tanpa Gula untuk Kesehatan

oleh -1.840 views
Dampak positif kopi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis)

PEKANBARU-Kopi mengandung antioksidan tinggi dan nutrisi bermanfaat bagi kesehatan. Namun saat mengonsumsi salah satu minuman yang terpopuler di dunia ini, sebaiknya tidak menambahkan gula agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal.

Dikutip dalam AARP.org, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kopi dapat mencegah penyakit seperti stroke dan kanker jenis tertentu, menurunkan risiko Parkinson dan demensia serta meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

“Kopi adalah kumpulan senyawa aktif biologis yang luar biasa kuat,” ujar Walter Willett, M.D., dari Harvard School of Public Health.

Meski punya efek negatif, ternyata kafein yang terkandung dalam kopi juga memberikan beberapa manfaat seperti penurunan risiko penyakit alzheimer. Berikut ini beberapa dampak positif dari minum kopi yang perlu diketahui:

Kopi Mendukung Kebahagiaan
Ada studi yang menyebutkan bahwa kopi dapat membuat orang lebih bahagia. Dikutip dalam Health, peneliti menemukan bahwa minum kopi dikaitkan dengan emosi positif, termasuk kesenangan, kebaikan, kasih sayang, kebahagiaan dan juga ketenangan.

Studi Harvard yang dipublikasikan pada 2011 berjudul “Coffee, caffeine, and risk of depression among women” menemukan bahwa perempuan yang minum 4 cangkir kopi atau lebih dalam sehari 20% memiliki risiko depresi lebih rendah.

Tinggi Antioksidan
Biji kopi mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan dikaitkan dengan peningkatan serta perlindungan kesehatan. Kandungan asam klorogenat, polifenol yang melimpah dalam kopi telah terbukti mengurangi peradangan dan memainkan peran kunci dalam perlindungan terhadap penyakit kronis termasuk obesitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *