Ingin Membakar Lemak Perut? Cobalah 7 Makanan Jitu Berikut

oleh -533 views
Jeruk termasuk salah satunya. (Foto: Daria-Yakovleva/Pixabay)

PEKANBARU-Lemak di perut bisa terasa sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang ampuh membakar lemak perut berikut. Tak hanya menurunkan rasa percaya diri, lemak di perut juga berbahaya bagi kesehatan.

Lemak di perut dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit kronis lain yang menyertainya. Penting untuk melakukan sejumlah upaya demi memangkas lemak perut. Selain olahraga, Anda bisa membantu meluruhkan lemak dengan konsumsi beberapa jenis makanan berikut.

Yogurt
Kedepankan menu-menu tinggi kalsium termasuk yogurt demi memangkas lemak perut. Mengutip dari Best Health Magazine, sebuah tinjauan terhadap lebih dari 90 studi mengungkapkan hubungan kuat antara kalsium yang tinggi dan peningkatan komposisi tubuh.

Tinjauan yang diterbitkan di jurnal Nutrition Reviews ini menyebut saat kalsium rendah, tubuh akan mengeluarkan hormon yang memungkinkan Anda memanfaatkan kalsium yang ada dengan lebih baik. Akan tetapi, secara bersamaan, tubuh memberikan sinyal pada sel-sel lemak untuk menahan lemak, termasuk lemak perut.

Konsumsi smoothie dengan yogurt dan produk susu lain jadi sumber kalsium yang disukai. Sebaiknya konsumsi tiga porsi produk susu sehari dan jaga asupan nutrisi lainnya sehingga usaha meluruhkan lemak perut bisa membuahkan hasil.

Alpukat
Alpukat adalah salah satu sumber lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Mengutip CBS News, lemak jenuh tunggal yang ada di dalam alpukat dapat menghentikan lonjakan gula darah yang memberikan sinyal ke tubuh untuk menyimpan lemak di sekitar perut.

Tidak hanya itu, lemak sehat dari alpukat juga akan membantu mencegah perut kembung dan menyerap karotenoid lebih baik. Karotenoid merupakan senyawa yang bisa melawan kanker.

Telur
Cara klasik yang terbukti dapat menurunkan lemak adalah mencukupi kebutuhan protein. Tubuh memerlukan lebih banyak kalori untuk memecah protein daripada memecah makanan lain. Protein juga membantu menjaga massa otot saat Anda menurunkan berat badan. Selain itu, protein memberikan rasa kenyang lebih lama daripada karbohidrat.

Telur jadi sumber protein yang murah, praktis, dan mudah ditemukan di pasaran. Bahkan telur rebus adalah makanan selingan yang sehat daripada harus melahap kue atau permen.

Teh hijau
Berkat kandungan antioksidannya, teh hijau kerap jadi rujukan untuk memperlambat tanda penuaan dini. Namun, studi yang diterbitkan di Journal of Nutrition menemukan bahwa teh hijau juga punya kemampuan untuk memangkas lemak perut dibantu dengan aktivitas fisik.

Dalam studi, partisipan yang mengonsumsi teh hijau, mampu menurunkan lemak perut lebih banyak daripada mereka yang tidak meminum teh hijau.

Katekin diduga menjadi salah satu komponen dalam teh hijau yang berkontribusi untuk mengusir lemak. Komponen antioksidan satu ini membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak.

Oat
Konsumsi makanan tinggi serat bakal membantu langkah Anda untuk memiliki perut rata. Makanan seperti oatmeal, beras cokelat atau merah akan membantu menjaga kestabilan kadar insulin.

Peneliti berspekulasi bahwa kadar insulin rendah atau terkontrol akan meluruhkan sel-sel lemak. Selain itu, tubuh pun akan menyerap dan membakar bahan pangan kaya serat ini dengan perlahan sehingga suplai energi terjaga.

Jenis buah-buahan sitrus
Jenis buah-buahan sitrus sebaiknya Anda masukkan dalam diet harian. Riset dari Arizona State University menyebut, kandungan vitamin C dari jenis buah sitrus membantu memangkas 30 persen lemak lebih banyak selama berolahraga. Selain jeruk, jenis buah sitrus ada banyak termasuk lemon, jeruk nipis, juga jeruk Bali.

Minyak kelapa
Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga jadi minyak sehat selama program diet. Mengutip Healthline, studi menunjukkan, lemak rantai sedang dalam minyak kelapa mampu meningkatkan metabolisme dan menurunkan simpanan lemak.

Namun, yang perlu diingat, minyak kelapa tinggi kalori sehingga Anda perlu mengontrol konsumsinya. Minyak kelapa baik digunakan untuk menumis atau menggoreng telur sebagai pengganti minyak biasa. (*)


Sumber: CNNIndonesia

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *