Inilah Waktu Terburuk untuk Makan Siang

oleh -1.564 views
Ilustrasi makan siang. (Foto: Glints)

PEKANBARU-Faktor kesibukan membuat kebanyakan orang memiliki kebiasaan makan siang menjelang sore hari. Yang terburuk adalah kita tidak menyadari, betapa berbahayanya praktik itu bagi kesehatan kita secara umum. Khususnya bagi orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, makan siang setelah jam 3 sore, mungkin berdampak besar pada kecepatan proses penurunan berat badan.

Dilansir Times of India, studi tersebut secara khusus mengamati kerja protein perilipin yang ditemukan dalam sel manusia dan penting untuk membakar lemak di seluruh tubuh. Di akhir penelitian ditemukan, orang dengan variasi genetik tertentu dari protein ini mengalami penurunan berat badan yang lebih sedikit, jika mereka makan setelah jam 3 sore.

Studi lain yang dipublikasikan tahun 2013 di International Journal of Obesity juga menyatakan, makan siang setelah jam 3 sore dapat memperlambat proses penurunan berat badan. Namun, kedua penelitian tersebut difokuskan pada orang-orang dengan susunan genetik tertentu.

Aktivitas internal tubuh kita diatur oleh ritme sirkadian, yang berlaku untuk makan dan tidur. Hal itu juga memengaruhi proses penurunan berat badan. Di mana irama sirkadian mengontrol sekresi insulin di dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *