Jangan Konsumsi 8 Makanan Berikut, Bila Tak Ingin Daya Tahan Tubuh Menurun

Gorengan menjadi salah satu makanan yang harus dikurangi dari sekarang. (Foto: Kompas.Com)

Menurut Dr. Tan, kelindan antara gula dan daya tahan tubuh cukup erat. Konsumsi gula berlebihan meningkatkan protein peradangan TNF alfa, C-reaktive protein, dan IL 6. Ketiganya bisa menurunkan imunitas.

Gula darah tinggi juga bisa menghambat respons sel darah putih saat ada serangan penyakit. Tak hanya itu, gula darah tinggi juga bisa merusak keseimbangan bakteri usus yang mengubah respons imun, sehingga badan lebih mudah terinfeksi.

Makanan tinggi garam
Seperti makanan yang banyak mengandung gula, kelebihan konsumsi garam juga bisa menurunkan daya tahan tubuh.

Menurut Kementerian Kesehatan, batas aman konsumsi garam orang dewasa sehat adalah 2.000 miligram natrium, atau setara dengan lima gram garam, atau satu sendok teh garam per hari. Selain menakar garam yang ada dalam masakan, cermati juga komposisi natrium, sodium atau penyedap dalam asupan yang dikonsumsi sehari-hari. Jangan sampai melebihi batas aman.

Makanan tinggi omega 6
Asam lemak omega 6 adalah salah satu jenis asam lemak tak jenuh ganda. Kadar omega 6 dalam tubuh bisa melonjak apabila seseorang terlalu banyak mengonsumsi produk nabati dan minyak goreng. Kadar omega 6 yang meningkat bisa membuat tubuh gampang mengalami peradangan dan rentan terkena penyakit inflamasi.

Gorengan
Saat karbohidrat digoreng, terjadi reaksi kimia antara senyawa gula, protein, dan minyak. Reaksi kimia tersebut menghasilkan senyawa yang bisa memperburuk sindrom metabolik dan menyebabkan peradangan.

Sosis, burger, kornet, salami, dll.
Daging prosesan yang diawetkan seperti sosis, burger, kornet, salami, pepperoni, dll. mengandung banyak lemak jenuh dan rendah lemak tak jenuh. Tingginya asupan lemak jenuh dan rendahnya lemak tak jenuh bisa mengacaukan sistem daya tahan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *