Usai Rayakan HUT Kemerdekaan RI, Seorang Pendaki Pingsan Saat Turun dari Puncak Gunung Talang

Proses evakuasi pendaki di Gunung Talang. (Foto: SAR Padang)

Dari data yang diperoleh Tim SAR Padang dari pengelola pendakian Gunung Talang, terdapat sekitar 6.500 total pendaki yang menanjak gunung setinggi 2.597 Meter di Atas Permukaan Laut (MdPL) itu.

Sebelumnya, salah seorang pengelola pendakian Gunung Talang, Yahdi mengatakan, pihaknya akan membatasi jumlah pengunjung jika terlalu membludak. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kapasitas berlebihan di atas gunung.

“Kami akan menutup pendaftaran administrasi jika pendaki yang naik sudah 6.000 orang,” ujar Yahdi, Sabtu malam.

Untuk pengawasan, nanti akan ada pengelola pendakian Gunung Talang yang akan memantau di atas gunung sekitar 20 orang. Ia juga mengimbau pendaki agar hati-hati ketika menanjak, apalagi saat ini kondisi cuaca yang kurang bersahabat di Kabupaten Solok.

Kemudian pihaknya juga mewajibkan pendaki mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona Covid-19. Para petugas di posko pendakian juga dibekali dengan alat pengukur suhu untuk memeriksa suhu badan setiap pendaki yang akan menanjak.

Namun dari pantauan Liputan6.com di lapangan, banyak pendaki yang tidak menggunakan masker terutama saat proses turun gunung. (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *