Ternyata Inilah 15 Manfaat Jeruk Nipis, Salah Satunya Mencegah Kanker

oleh -3.739 views
Ilustrasi. Jeruk nipis. (Foto: Istimewa)

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Jeruk nipis adalah sumber magnesium dan potasium yang tinggi. Kedua nutrisi ini penting untuk kesehatan jantung. Kalium secara alami dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, yang mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Tubuh membutuhkan magnesium untuk menjaga kesehatan otot, termasuk otot jantung. Sementara itu limonin dalam jeruk nipis dapat mengurangi kadar kolesterol. Menurut American Heart Association, mengonsumsi buah jeruk dalam jumlah yang lebih tinggi dapat menurunkan risiko stroke iskemik bagi wanita.

Mencegah Peradangan
Sebagai sumber vitamin C yang baik, air jeruk nipis bertindak sebagai agen anti-inflamasi dalam tubuh. Sebagian besar studi menunjukkan bahwa penggunaan vitamin C menunjukkan hasil yang menguntungkan dalam mengurangi peradangan.

Vitamin C dapat mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh seperti radang sendi, asam urat, dan jenis peradangan lainnya.

Menyamarkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam
Bagi kamu yang memang sudah mengalami peradangan parah pada wajah yakni karena jerawat dan ingin segera menghilangkan bekasnya juga, kamu bisa mengaplikasikan jeruk nipis unuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah.

Tentunya bekas jerawat atau flek hitam tersebut sangat mengganggu penampilan. Kamu bisa menggunakan masker jeruk nipis dua hari sekali untuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah. Jadi manfaat jeruk nipis sangat penting untuk orang yang berjerawat.

Mencegah Batu Ginjal
Jeruk nipis mengandung asam sitrat dan vitamin C. Sebuah penelitian tahun 2014 menunjukkan bahwa vitamin C dan asam sitrat membantu memecah atau mencegah pembentukan beberapa jenis batu ginjal. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang makan buah jeruk memiliki risiko batu ginjal yang jauh lebih rendah.

Mencegah Infeksi
Minum air jeruk nipis dapat membantu menghentikan berkembangnya organisme berbahaya ini dan mencegah penyakit bakteri. Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi.

Menurut beberapa penelitian, limonin yang ditemukan dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah akumulasi bakteri Streptococcus. Streptococcus bertanggung jawab untuk berbagai infeksi dan kondisi kesehatan, termasuk infeksi pernapasan dan mulut.

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *