Inilah Rekomendasi 5 Cemilan Sehat dan Baik untuk Diet Anda

oleh -21 views
Yoghurt dengan campuran buah beri bisa jadi pilihan camilan sehat untuk diet. (Foto: Pixabay)

PEKANBARU-Menjalani diet memang harus lebih pintar dalam memilih makanan dan menghindari camilan yang memicu peningkatan berat badan tak terkendali. Padahal, sebenarnya orang yang sedang diet masih diperbolehkan untuk makan camilan. Hanya saja perlu sedikit lebih cerdas memilihnya.

Mengutip dari Healthline, berikut ini ada rekomendasi camilan sehat untuk diet yang bisa Anda konsumsi tanpa takut bikin gemuk.

Kacang-kacangan
Kacang merupakan camilan yang menyehatkan. Sebuah studi menunjukkan bahwa makan kacang bisa membuat efek kenyang lebih lama. Selain untuk diet sehat, kacang juga baik untuk jantung.

Kacang juga bisa menyeimbangkan asupan lemak, serat, dan protein dalam tubuh. Kandungan asam lemak tak jenuh, nutrisi, serta murah menjadikannya ideal untuk camilan sehari-hari. Anda bisa memilih kacang campur (mixed nuts) yang umumnya terdiri atas berbagai campuran jenis kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang Brazil, kacang mete, hazelnut, dan pecan.

Meski demikian, mengonsumsi kacang-kacangan tidak boleh berlebihan. Jumlah kalori pada ada dalam kacang seberat 1 ons (28 gram) setara dengan 180 kalori.

Yogurt dengan Campuran Buah Beri
Kreasi camilan sehat untuk diet juga bisa dengan yogurt dan campuran buah-buahan seperti buah beri yang kaya akan nutrisi.

Buah beri sendiri mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Sedangkan yogurt merupakan sumber kalsium dan tinggi protein yang dibutuhkan tubuh.

Campuran 100 gram yogurt dengan 1/2 cangkir (50 gram) buah beri, sama dengan menghasilkan 10 gram protein dan kalorinya di bawah 150.

Cokelat Hitam
Anda penikmat cokelat tapi sedang diet? Jangan khawatir, karena kesempatan untuk makan cokelat ini masih bisa, tapi sebaiknya pilih jenis cokelat hitam. Cokelat hitam biasanya mengandung lebih sedikit gula ketimbang cokelat biasa. Semakin tinggi persentase kokoanya, akan semakin gelap cokelatnya dan semakin sedikit gula di dalamnya.

Selain itu melansir Medical News Today, dalam 101 gram cokelat hitam mengandung 85 persen kakao, 7,8 gram protein, 11 gram serat, 46 gram karbohidrat, 43 gram lemak, 12 miligram zat besi, dan 230 miligram magnesium.

Mengonsumsi cokelat hitam selama diet pun bisa memberi manfaat untuk kesehatan seperti antioksidan tubuh, membantu menurunkan tekanan darah, dan kolesterol.

Telur Rebus
Makanan yang diolah dengan cara direbus seperti telur rebus ini bisa menjadi alternatif camilan untuk diet. Bahkan, asupan protein paling mudah didapat untuk memenuhi nutrisi selama diet yaitu ada pada telur rebus.

Untuk memperoleh nutrisi lengkap bagi tubuh, Anda bisa padukan 15 batang asparagus yang memberikan total 126 kalori, 11 gram protein, dan 5 gram serat.

Apel dan Selai Kacang
Buah apel memiliki kandungan serat dan antioksidan polifenol yang berguna untuk menjaga kesehatan usus serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, selai kacang juga mempunyai manfaat meningkatkan kesehatan jantung karena terbukti bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL).

Perpaduan buah apel ukuran sedang dengan 1 sendok makan selai kacang, bisa menjadi camilan sehat untuk diet yang rasanya enak. Bahkan kalorinya hanya di bawah 200. (*)


Sumber: CNNIndonesia

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *