Mengenal Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet Termasuk Efek Sampingnya

oleh -67 views
Jeruk nipis merupakan salah satu buah dengan sumber vitamin C yang baik. (Foto: morgueFile/hotblack)

PEKANBARU-Jeruk nipis sering kali dikaitkan untuk membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut berkat kandungan asam pada jeruk nipis yang diklaim bisa melunturkan lemak tubuh.
Tapi, apakah benar manfaat jeruk nipis untuk diet ini terbukti efektif?

Mengutip penjelasan ahli diet, Jaime Ackerman Foster melalui laman Livestrong, hal tersebut tidak terbukti benar. Jaime mengungkapkan sejauh ini belum ada bukti yang menunjukkan bahwa jeruk nipis bisa membantu menurunkan berat badan.

Alih-alih untuk menurunkan berat badan, jeruk nipis justru dibenarkan mempunyai manfaat sebagai sumber vitamin C yang baik. Bahkan minum satu gelas air jeruk nipis dapat mencukupi 22 persen kebutuhan harian vitamin C dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Dilansir Medical New Today, berdasarkan United States Department of Agriculture (USDA), dalam jeruk nipis berdiameter 5 cm mengandung nutrisi, di antaranya:
22 miligram kalsium
12 miligram fosfor
68 miligram potassium
19,5 miligram vitamin C atau setara (20-25 persen untuk penuhi kebutuhan vitamin C harian).

Dari kandungan nutrisi tersebut, jeruk nipis memberi berbagai manfaat seperti menurunkan risiko kanker, memperkuat imun, hingga mengontrol gula darah.

Walau kebenaran manfaat jeruk nipis untuk diet belum terbukti, mitos beredar mengenai jeruk nipis dalam membantu diet ini sudah lebih dulu banyak yang meyakini. Hal tersebut dikarenakan asam sitrat pada jeruk nipis memang bisa meningkatkan metabolisme dan cukup membantu membakar kalori dan sedikit lemak yang tersimpan dalam tubuh.

Namun, Anda tak bisa bergantung pada jeruk nipis sepenuhnya. Karena proses penurunan berat badan itu harus seimbang dengan aktivitas fisik dan mengontrol asupan kalori.

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *