Kalahkan Ceko 1-0, Inggris Juara Grup D

oleh -0 views
Raheem Sterling bawa Inggris taklukkan Ceko di Euro 2020. (Foto: AP/Laurence Griffiths)

PEKANBARU-Inggris berhasil mengalahkan Republik Ceko dengan skor 1-0 di pertandingan terakhir Grup D Euro 2020 (Euro 2021) yang berlangsung di Stadion Wembley, Rabu dinihari WIB.

Pada babak pertama, Inggris berhasil unggul lewat gol yang dicetak Raheem Sterling pada menit ke-12. Sterling sukses mencetak gol melalui sundulan usai meneruskan umpan Jack Grealish. Sejak peluit pertama dibunyikan, Republik Ceko mencoba memberikan tekanan pada Inggris di satu menit pertama pertandingan.

Meski demikian, peluang emas pertama justru didapatkan Inggris pada menit ke-2 setelah tendangan lob Raheem Sterling membentur tiang gawang Ceko. Inggris akhirnya unggul pada menit ke-12 lewat tandukan Raheem Sterling.

Memasuki babak kedua, Inggris mengambil inisiatif untuk menguasai bola selama mungkin. Inggris memainkan permainan cepat dari kaki ke kaki. Sedangkan, Ceko bermain lebih sabar sembari mencari celah untuk mengirimkan umpan-umpan terobosan di area pertahanan Inggris.

Di 15 menit pertama babak kedua, pertandingan berlangsung membosankan lantaran tak ada peluang emas yang mampu diciptakan kedua tim. Inggris tampak menurunkan tempo serangannya, sementara Ceko kesulitan untuk menembus pertahanan Inggris dan sulit untuk mengembangkan permainan.

Meski begitu, Ceko sempat memberikan ancaman lewat tendangan keras Tomas Pekhart yang masih melenceng di sisi kiri gawang Inggris.

Inggris sempat menambah gol pada menit ke-85 lewat sontekan Jordan Henderson, tetapi gol tersebut dianulir wasit karena Henderson dinilai dalam posisi offside. Hingga pertandingan berakhir, tak ada gol tambahan yang tercipta. Inggris menang atas Ceko dengan skor 1-0.

Kemenangan ini membuat Inggris finis di posisi teratas Grup D dengan mengantongi tujuh poin. Inggris pun berhak lolos ke babak 16 besar Euro 2020 dengan status juara grup.

Susunan Pemain:
Republik Ceko (4-2-3-1):
Tomas Vaclik; Vladimir Coufal, Ondrej Celustka, Tomas Kalas, Jan Boril; Tomas Holes, Tomas Soucek; Lukas Masopust, Vladimir Darida, Jakub Jankto; Patrik Schick

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Kalvin Phillips, Declan Rice; Bukayo Saka, Jack Grealish, Raheem Sterling; Harry Kane. (*)


Sumber: CNNIndonesia