Lima Dosen UNRI Ajarkan Warga Tangkerang Tengah Racik Hand Sanitizer Alami

Warga belajar membuat hand sanitizer alami. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Sejumlah dosen Universitas Riau (UNRI), beberapa waktu lalu melakukan pengabdian ke masyarakat. Sejumlah ibu rumah tangga di RT 05/RW 18, Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai Kota, Pekanbaru diajarkan meracik hand sanitizer menggunakan daun sirih dan jeruk nipis.

Ketua Kelompok, Sri Rezeki Muria ST.,MP.,MSc mengatakan, tema pelatihan ini diambil seiring merebaknya covid-19. Para ibu rumah tangga kemudian dilatih membuat hand sanitizer dengan cara praktis, ekonomis dan menggunakan alat serta bahan sederhana.

“Alhamdulillah, giat kami disambut antusias. Mereka sangat bersemangat mengikuti pelatihan yang kami gelar. Hanya dengan merebus daun sirih dan menambahkan jeruk nipis, sudah bisa didapatkan hand sanitizer yang alami,” ujar Sri.

Dikatakan, kini para ibu rumah tangga tidak perlu lagi membeli hand sanitizer. “Buat saja sendiri. Ini tentu bisa menghemat pengeluaran. Bagi mereka yang alergi alkohol lebih aman menggunakan hand sanitizer alami ini,” ulas Sri Rezeki didampingi anggotanya, Ir Rozanna Sri Irianty MSi, Dra Nirwana Hamzah MT, Dra Khairat MSi, an Dra Silvia Reni Yenti MSi.

Dikatakan, kegiatan pengabdian masyarakat menjadi salah satu dari butir Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini sangat terasa manfaatnya bagi dosen yang melaksanakannya maupun bagi masyarakat tempatan dimana kegiatan dilaksanakan.

Ini merupakan kesempatan bagi kami untuk berbagi pengetahuan dan teknologi sederhana secara langsung ke masyarakat. Sebaliknya bagi masyarakat mendapat pengetahuan maupun teknologi sederhana yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun tujuan dari penyuluhan dan pelatihan adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pembuatan hand sanitizer yang mudah dan murah dari bahan-bahan alami yang ada di lingkungan sendiri.

Hand sanitizer dapat dibuat dengan mudah menggunakan proses yang praktis dan dengan alat serta bahan yang sederhana.

Kita langsung memberi pelatihan kepada masyarakat tahapan pembuatan hand sanitizer alami. Kita harapkan masyarakat dapat menerapkan untuk penggunaan sendiri,” tukasnya. (*)

Penulis: M Yasier
Editor: Boy Surya Hamta

8 / 100
banner 325x300