Ternyata Wudhu Mampu Hilangkan Berbagai Macam Penyakit

Ternyata Wudhu Mampu Hilangkan Berbagai Macam Penyakit, (Foto: Istimewa)

Dalam penelitian yang dilakukan Muhammad Salim tentang manfaat wudhu untuk kesehatan, menurut Syahruddin, juga diungkapkan bahwa berwudhu dengan cara yang baik dan benar, akan mengakibatkan tubuh seseorang terhindar dari segala penyakit.

Sedangkan cara berwudhu yang baik adalah dimulai dengan membasuh tangan lalu berkumur-kumur, lalu mengambil air dan menghirupnya ke dalam hidung kemudian mengeluarkannya. Langkah ini hendaknya dilakukan sebanyak tiga kali secara bergantian.

Dalam penelitian Muhammad Salim itu, menurut Syahruddin, juga menganalisis masalah kesehatan ratusan hidung orang-orang sehat yang tidak berwudhu dan membandingkannya dengan ratusan orang yang teratur dalam berwudhu selama lima kali dalam sehari dan melaksanakan shalat.

Berdasarkan hasil penelitian itu, Syahruddin menyimpulkan bahwa sesungguhnya berwudhu itu menyehatkan, baik secara lahir maupun batin. Dari hal yang tampaknya kecil dan sepele, ternyata wudhu mengandung hikmah dan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan seseorang.

Jauh sebelum penelitian itu, Rasulullah Saw pernah bersabda: “Sempurnakan wudhu, lakukan istinsyaq (memasukkan air ke hidung) kecuali jika kamu berpuasa.” (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *