Bicara Sampah di Pekanbaru, Opit: Harus Ada Solusi Menyeluruh

oleh -1 views
Taufiq Erman. (Foto: Istimewa)

Pernah dijuluki sebagai Kota Adipura, kini Pekanbaru menghadapi persoalan sampah dan tak kunjung teratasi sejak beberapa tahun terakhir

PEKANBARU-Awal 2021 ini, Pekanbaru menjelma menjadi ‘kota sampah’. Pihak ketiga yang dipercaya menangani sampah, enggan menjalankan tugasnya. Entah apa sebabnya, sehingga sampah dibiarkan bertumpuk di sejumlah lokasi.

Tak hanya mengganggu pemandangan dan wajah kota, namun juga berdampak bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Banyak masyarakat mengeluh dengan penumpukan sampah di sejumlah sudut kota.

Salah seorang tokoh muda di Pekanbaru, Taufiq Erman saat ngopi bareng dengan FokusRiau.Com, Minggu sore menyampaikan pandangan terhadap persoalan sampah di Pekanbaru tersebut.

Selamat sore bang..

Selamat sore..

Bang, sebagai salah seorang tokoh muda dan pengusaha, anda melihat persoalan sampah di Pekanbaru ini seperti apa?

Sampah di Pekanbaru ini kini memang menjadi persoalan pelik yang harus segera dicarikan solusinya. Langkah awal, tentu saja pemerintah harus mencari tahu penyebab terjadinya penumpukan sampah di sejumlah lokasi di Pekanbaru.

Setelah itu, baru bisa mencarikan solusinya. Kita prihatin dengan persoalan sampah yang tak pernah selesai sampai sekarang.

Menurut abang, solusinya seperti apa?

Tentu saja, pemerintah membutuhkan solusi menyeluruh untuk mengatasi persoalan sampah yang berdampak pada lingkungan di masyarakat. Untuk menyelesaikan masalah sampah harus dimulai dari hulu ke hilir dengan melibatkan semua pihak.

Dan hal ini harus segera diselesaikan. Jika terus dibiarkan, tentu akan menimbulkan masalah baru, khususnya terkait dengan kesehatan masyarakat.

Saya berpendapat, pemerintah melalui instansi terkait harus segera menyelesaikan proses tender perusahaan pengangkutan sampah tersebut. Ini penting, agar sampah yang menumpuk bisa segera diangkat dan dibuang ke pembuangan akhir.

Solusi lain, bagaimana pemerintah melalui perangkat RT dan RW bisa menguatkan sosialisasi untuk masyarakat bisa membuang sampah di tempat yang sudah disediakan atau meletak di depan rumah agar mudah diangkut petugas.

Terakhir, harapan anda kepada pemerintah agar persoalan sampah ini bisa segera teratasi?

Kita tentu berharap, pemerintah bisa segera menyelesaikan masalah krusial seperti mencari perusahaan yang bisa mengangkut sampah agar tidak memunculkan keresahan di masyarakat. Saya kira, pemerintah sudah tau itu dan kita tunggu saja langkah konkrit yang akan dilakukan. (***)

Penulis: M Yasier
Editor: Boy Surya Hamta