Nama Calon Kapolri Dikirim ke DPR, Siapa Pengganti Jenderal Idham Aziz?

oleh -320 views
Presiden Jokowi telah memilih nama calon Kapolri yang bakal diserahkan ke DPR. (Foto: Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA-Nama calon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) pengganti Jenderal Idham Azis yang diusulkan Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu (13/1/2021) dikirim ke DPR RI.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni membenarkan hal itu. Menurutnya, usulan dalam bentuk surat presiden (surpres) itu akan diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada pimpinan DPR sekitar pukul 11.00 WIB.

“[Surpres calon Kapolri diantar] jam 11.00 WIB infonya. Benar [diantar Pratikno], infonya demikian,” kata Sahroni saat dikonfirmasi, Rabu (13/1/2021).

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid memprediksi surpres terkait calon Kapolri pengganti Idham akan dikirimkan oleh Jokowi pada Rabu Wage, berdasarkan penanggalan Jawa, atau 13 Januari. Menurutnya, Rabu Wage merupakan waktu yang baik dalam perhitungan budaya Jawa.

“Rabu Wage lebih bagus hitungannya, neptunya sebelas. Hitungannya Rabu angkanya tujuh dan Wage angkanya empat dijumlah jadi neptunya angka 11. Itu ilmu Jawa, ilmu titen namanya bersumber dari kebiasaan alam dan manusia,” kata Jazilul, Senin (11/1/2021).

Dia menyatakan, Jokowi telah memilih Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri yang akan diusulkan Jokowi ke DPR.

Menurutnya, Listyo menjadi nama yang terpilih dari lima nama yang direkomendasikan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) terkait calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. “Insya Allah satu nama. Pak Listyo Sigit Prabowo calon kuat dan pantas,” ujar Jazilul.

Namun, Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan saat ini Jokowi masih mempertimbangkan sosok yang tepat untuk menduduki kursi Kapolri menggantikan Idham. Menurut Mahfud, nama calon Kapolri yang menguat beredar masih sebatas spekulasi. Ia memastikan, hingga kini Jokowi masih belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR.

“Nama calon Kapolri yang beredar di media sekarang masih tebak-tebak buah nangka alias spekulasi. Sampai saat ini Presiden belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR,” cuit Mahfud lewat akun Twitternya, @mohmafudmd, Selasa (12/1/2021).

Listyo pun sudah angkat bicara terkait kabar pencalonan dirinya sebagai Kapolri. Ia menyebutkan bahwa informasi terkait hal tersebut tak berdasar dan dirinya pun tak tahu-menahu terkait hal itu.

“Saya tidak tahu kenapa tiba-tiba isu itu muncul dari mana. Karena tidak jelas sumbernya jadi saya bilang itu hoaks saja,” kata Listyo kepada wartawan saat dihubungi, Selasa (12/1/2021).

Listyo pun tidak mau ambil pusing terkait dengan isu-isu yang mulai berkembang jelang pergantian pucuk pimpinan Korps Bhayangkara itu. Dia mengaku masih fokus dalam menjalankan amanah dan tugasnya sebagai Kabareskrim saat ini. (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *