Penjualan Suzuki Baleno cs Berpotensi Merosot, Terdampak Insentif Pajak 0 Persen

oleh -0 views
Suzuki Baleno facelift resmi meluncur di Indonesia. (Foto: Kompas.com)

JAKARTA-Pemerintah melakukan relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) mobil baru. Apabila mengacu pada data yang dirilis pemerintah, untuk segmen hatchback hanya dua model yang bisa menikmati, yaitu Honda Jazz dan Toyota Yaris.

Kedua model tersebut telah memenuhi syarat, memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 70 persen dan memiliki mesin di bawah 1.500cc, berpenggerak 4×2, 4×4 dan juga sedan.

Sementara untuk Suzuki Baleno hatchback, Mazda2 dan KIA Rio tentu tidak akan bisa menikmati relaksasi pajak nol persen. Sebab, ketiga produk itu berstatus impor utuh alias completely build-up (CBU).

Keuntungan mendapatkan insentif pajak nol persen, yaitu harganya bisa menjadi lebih murah karena tujuan pemerintah untuk memulihkan ekonomi khususnya di sektor industri otomotif.

Skemanya, mulai Maret sampai Mei 2021 akan mendapatkan 100 persen, selanjutnya 50 persen pada Juni-Agustus dan 25 persen pada September-November 2021. Apabila skema itu berhasil maka otomatis penjualan mobil yang menikmati insentif pajak tersebut bisa semakin tinggi.

Sebab konsumen bisa membeli dengan harga yang lebih murah, belum lagi ditambah diskon yang rutin ditawarkan oleh masing-masing diler. Maka sebaliknya, model yang tidak bisa menikmati relaksasi PPnBM itu penjualannya otomatis berpotensi merosot karena konsumen beralih membeli mobil yang harganya relatif lebih terjangkau alias murah.

Menanggapi hal itu, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan, meski begitu Suzuli tetap optimistis. Menurut dia, insentif yang diberikan pemerintah bisa mendongkrak performa industri otomotif dan menjadi salah satu katalis pertumbuhan ekonomi.

Menyoal penjualan Baleno hatcback yang berpotensi terganggu, Donny tidak mau menanggapi terlalu jauh. “Saat ini masih kami kalkulasi, belum bisa diinfo lebih jauh lagi,” ujar Donny saat dihubungi KOMPAS.com, Senin (15/2/2021).

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) secara wholesales, segmen hatchback jagoannya masih dihuni oleh Honda Jazz, kedua Toyota Yaris, ketiga Suzuki Baleno hatchback, Mazda2 dan Kia Rio.

Berikut data penjualan hatchback sepanjang 2020:
Honda Jazz: 5.422 unit
Toyota Yaris: 4.556 unit
Suzuki Baleno: 2.421 unit
Mazda2: 488 unit
Kia Rio: 43 unit

Tahun 2019
Honda Jazz: 12.168 unit
Toyota Yaris: 8.033 unit
Suzuki Baleno: 5.216 unit
Mazda2: 1.123 unit. (*)


Sumber: Kompos.com