Jatuh Dalam Kawah Gunung Marapi, Tim SAR Berhasil Evakuasi Ramzi

oleh -0 views
Pendaki Gunung Marapi terjatuh ke kawah berhasil dievakuasi, Minggu (28/2/2021). (Foto: SAR Limapuluh Kota)

PADANG-Seorang pendaki Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) bernama Ramzi (14) terjatuh ke dalam kawah. Beruntung tubuhnya tersangkut dinding kawah, sehingga tidak jatuh sampai ke dasar.

Tim SAR harus bekerja keras melakukan evakuasi dengan cepat, karena dikhawatirkan korban terlalu lama menghirup gas beracun.

Jatuh diduga karena kabut tebal
Ramzi merupakan warga Kota Padang dan dilaporkan jatuh ke dalam kawah Gunung Marapi pada Minggu (28/2/2021).

“Ada laporan masuk kepada kami kalau ada pendaki terjatuh ke dalam kawah Gunung Marapi, bernama Ramzi, namun umur belum diketahui,” kata Kepala Pos SAR Limapuluh Kota, Robi Saputra, Minggu siang.

Diduga, Ramzi jatuh karena kondisi kabut saat itu tebal, sehingga jarak pandang terbatas. Selain itu, faktor kelelahan diduga juga menjadi penyebab Ramzi jatuh.

Terlihat tersangkut dinding kawah
Setelah mendapatkan laporan, tim SAR melakukan pengecekan ke lokasi kejadian. Keberadaan Ramzi rupanya terlihat dari atas. Diperkirakan kaki Ramzi dalam kondisi cedera.

“Korban masih terlihat dari atas kawah oleh rekan-rekannya dan selamat. Ia tersangkut di bebatuan. Tapi kakinya mengalami cedera,” kata Robi.

Karena tersangkut bebatuan, Ramzi pun bisa selamat. Tim SAR segera mengevakuasi Ramzi. “Kami akan upayakan secepat mungkin ke puncak Marapi untuk evakuasi. Gas beracun bisa membahayakan korban,” ujar Robi.

Ramzi akhirnya berhasil dievakuasi pukul 22.37 WIB dalam keadaan selamat. Dia mengalami luka memar di kepala dan luka robek di kaki. “Setelah berhasil dievakuasi, korban langsung dibawa ke RS Yarsi Padang Panjang,” kata Robi. (*)


Sumber: Kompas.com