Masalah Batu Ginjal, Cobalah Tiga Ramuan Ini, Langsung Hancur Tanpa Operasi

Menjaga fungsi ginjal sangat penting bagi kesehatan tubuh. (Foto: Kompas)

PEKANBARU-Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti orang. Batu ginjal muncul lantaran pola makan dan gaya hidup. Kurang minum dan kerap menunda buang air kecil adalah satu dari sekian banyak penyebab munculnya Batu Ginjal.

Untuk mencegah Batu Ginjal, anda harus tau dulu sejumlah penyebab batu ginjal. Beberapa penyebab batu ginjal antara lain karena kurang minum, banyak konsumsi garam, terlalu banyak konsumsi protein hewani dan konsumsi Oksalat yang tinggi.

Susanti, Dokter Umum Balai Kesehatan Kompas Gramedia menjelaskan, batu ginjal merupakan endapan keras yang menyerupai batu terdapat di dalam ginjal. Batu ginjal terbentuk saat adanya penurunan volume urine atau peningkatan garam dan mineral di dalam tubuh.

Endapan tersebut tidak hanya terbentuk di dalam ginjal tapi juga bisa di organ tubuh lainnya seperti ureter, kandung kemih dan uretra. “Batu ginjal berukuran kecil tersebut bisa keluar atau berpindah tempat saat terbawa urine,” kata dokter Santi. Jika batu ginjal berukuran besar akan menimbulkan rasa sakit yang hebat.

Banyak faktor yang memicu seseorang menderita penyakit batu ginjal. Pertama, seseorang yang tidak memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh berisiko terkena batu ginjal.

Kedua, pola makan yang tidak baik dan kegemukan juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini. Ketiga, seseorang yang pernah menderita batu saluran kemih rentan terkena batu ginjal. Keempat, riwayat keluarga juga bisa menjadi faktor penyebab seseorang terkena penyakit batu ginjal.

Batu ginjal memang bisa keluar sendiri dari dalam tubuh lewat air kencing. Namun, untuk batu ginjal yang berukuran besar harus mendapatkan pengobatan dan parawatan.

Obat herbal batu ginjal
Belakangan obat herbal jadi idola sebagian masyarakat tanah air. Alasannya, obat herbal dianggap lebih aman dikonsumsi dan minim efek samping. Ada cukup banyak bahan alami yang memiliki khasiat mengobati batu ginjal, berikut daftarnya.

Daun alpukat
Menurut buku berjudul Daun-Daun dan Buah-Buah Penumpas Penyakit karya Lia Ernawati, daun alpukat bermanfaat sebagai obat herbal batu ginjal.

Daun alpukat mengandung saponin, alkaloida, flavonoida, polifenol, dan quersetin. Selain itu daun alpukat bersifat diuretik alias peluruh kencing, dan antibakteri. Kandungan dan sifat diuretik tersebut akan meluruhkan batu ginjal.

Kumis kucing
Melansir dari Kompas.com, daun kumis kucing mengandung asam betulinat. Selain itu daun kumis kucing bersifat diuretik. Kandungan tersebut membuat daun kumis kucing efekttif meluruhkan batu ginjal.

Tempuyung
Tempuyung merupakan tanaman obat yang tumbuh liar di pinggir jalan atau puing-puing bangunan. Dari seluruh bagian tamanan, daun tempuyung lah yang berkhasiat penghancurkan batu ginjal.

Melansir dari buku berjudul Tempuyung: Tanaman Penghancur Batu Ginjal, tanaman liar ini mengandung kalium yang berperan untuk menghancurkan batu ginjal. (*)

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *