News  

Beginilah Kondisi Jalan Lintas Sumbar-Riau Jelang Lebaran 2021, Lengang

Panorama kelok sembilan di jalur mudik Sumbar-Riau lengang. (Foto: Ilustrasi)

LIMAPULUH KOTA-Sebelum Covid-19 mewabah, jalur Sumatera Barat-Riau sepekan menjelang lebaran sangat ramai dilintasi pemudik yang kembali ke kampung halaman untuk bersilaturahmi. Namun tahun ini, hari ketiga pelarangan mudik jalan lintas ini, tepatnya di Kelok Sembilan terpantau sepi.

“Iya sepi baik dari Riau menuju Sumbar maupun sebaliknya,” kata personel Satlantas Polres Limapuluh Kota, Irham, Sabtu (8/5/2021).

Dikatakan, pos penyekatan untuk perbatasan Sumbar-Riau, terdapat di Kecamatan Pangkalan. Di pos penyekatan tersebut, arus lalu lintas juga terpantau sepi. Pihaknya mengimbau warga Sumbar dan Riau untuk tidak melaksanakan mudik lebaran tahun ini, sebagai upaya penekanan penyebaran virus corona.

10 Pos Penyekatan Mudik
Sebelumnya, untuk mengantisipasi mobilitas masyarakat saat mudik lebaran 1442 Hijriah, Polda Sumbar mendirikan 10 pos penyekatan di wilayah perbatasan. Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu mengatakan, pemerintah telah mengambil kebijakan untuk larangan mudik lebaran. Untuk itu, pihaknya dalam hal ini mengambil langkah-langkah teknis yang telah dipersiapkan.

“Ada 10 pos penyekatan ini dilakukan pada tujuh wilayah polres, pos penyekatan akan menjaga pintu masuk darat wilayah Sumbar,” ujarnya

Perbatasan antara provinsi Jambi, Riau, Bengkulu hingga Sumut. Pada setiap pos ditempatkan personel dibantu instansi lainnya. Pihaknya juga mengantisipasi jalur alternatif atau jalur tikus yang mungkin dimanfaatkan para pemudik. Personel akan disiapkan di jalur tersebut.

“Terutama di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota banyak jalur tikus, personel akan kami siagakan juga,” tukasnya. (*)


Sumber: Liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *