Banjir Melanda Kota Padang, Petugas Evakuasi Warga

Sejumlah kawasan di Kota Padang dilanda banjir. (Foto: Liputan6)

PADANG-Sejumlah wilayah di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) disapu banjir. Banjir dan air bah membawa material tanah terjadi di sejumlah lokasi.

Selain banjir, beberapa wilayah juga banyak pohon tumbang dan menghambat akses jalan. Sampai pukul 00.24 tadi malam, tim Pusdalops Kota Padang masih melakukan evakuasi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang, Asnedi mengatakan, pihaknya telah menurunkan sejumlah personil untuk mengevakuasi warga. “Sampai kini sudah tim ke 5. Ini yang terakhir baru siap-siap menuju lokasi,” kata Asnedi, Rabu (18/8/2021).

Dia menjelaskan, tim pertama menuju kawasan Kelurahan Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. “Selanjutnya tim pertama ini bergeser ke kawasan dekat RSUD Air Paku, tim selanjutnya di Perumahan Griya Anak Air Permai,” kata Asnedi

Kata Asnedi, ada lagi warga yang melapor ke kantornya untuk melakukan evakuasi. “Warganya meminta untuk dilakukan evakuasi dan kita membawa peralatan seperti perahu karet,” ujarnya.

Asnedi menjelaskan, setiap tim membawa sebanyak 1 perahu karet dan perlahan untuk melakukan evakuasi warga. “Ini masih ada warga yang melapor dan menunggu di kantor,” kata Asnedi.

Banjir terjadi Rabu malam dan menyebabkan material tanah dan batu menutup badan Jalan Sungai, Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Terlihat jalan tertutup material tanah dan bebatuan yang dibawa banjir dari atas bukit dari lokasi kejadian.

Sampai Rabu malam, tampak kendaraan masih dapat melewati lokasi ini melalui bantuan masyarakat sekitar lokasi bencana. Masyarakat membuat pembatasan aliran air agar tidak mengalir di jalan raya sehingga material tanah dan bebatuan tidak terus terbawa. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: TribunPadang