News  

Senin Kembali Sekolah, Inilah Aturan Sekolah Tatap Muka di Daerah Level 1-4

Senin besok sekolah tatap muka kembali dimulai. (Foto: Pontas.Id)

JAKARTA, FOKUSRIAU.COM-Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, Senin (3/1/2022) besok sudah dimulai. Mulai semester dua tahun ajaran 2021/2022, satuan pendidikan pada level 1, 2 dan 3 PPKM wajib menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Dilansir beberapa laman dinas pendidikan di Jawa, hari pertama semester dua tahun ajaran 2021/2022 adalah Senin, 3 Januari 2021. Ketentuan wajib PTM terbatas untuk daerah PPKM level 1-3 diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terbaru tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Aturan sekolah tatap muka
Bagaimana aturannya untuk daerah PPKM level 1 hingga 4 dan 3T?

  1. PPKM Level 1-2

Jika Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang sudah mendapat vaksinasi 2 dosis mencapai lebih dari 80 persen dan lansia yang divaksinasi 2 dosis mencapai lebih dari 50 persen, maka:

a. Kapasitas PTM yang dilakukan bisa 100 persen
b. durasi pembelajaran maksimal 6 jam.

Jika PTK sudah mendapat vaksinasi 2 dosis mencapai 50-79 persen dan lansia yang divaksinasi 2 dosis mencapai 40-50 persen, maka:

a. Kapasitas PTM yang dilakukan 50 persen
b. Durasi pembelajaran maksimal 6 jam.

Jika PTK sudah mendapat vaksinasi 2 dosis kurang dari 50 persen dan lansia yang divaksinasi 2 dosis kurang dari 40 persen, maka:

a. Kapasitas PTM yang dilakukan 50 persen
b. Durasi pembelajaran maksimal 4 jam.

  1. PPKM Level 3
    Jika PTK sudah mendapat vaksinasi 2 dosis mencapai lebih dari sama dengan 40 persen dan lansia yang divaksinasi 2 dosis mencapai lebih dari sama dengan 10 persen, maka:

a. Kapasitas PTM yang dilakukan 50 persen
b. Durasi pembelajaran maksimal 4 jam

Akan tetapi jika PTK sudah mendapat vaksinasi 2 dosis kurang dari 40 persen dan lansia yang divaksinasi 2 dosis kurang dari 10 persen, maka dilakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) penuh.

  1. PPKM Level 4
    Untuk daerah dengan level 4 dilakukan PJJ penuh. Daerah Khusus 3T Untuk daerah khusus 3T kapasitas PTM 100 persen dengan durasi pembelajaran maksimal 6 jam.

Ketentuan PTM terbatas lainnya
Ketentuan kegiatan selain pembelajaran utama adalah:

a. Terkait kantin, di ketentuan terbaru belum diperbolehkan beroperasi.
b. Pedagang yang berada di luar gerbang di sekitar lingkungan satuan pendidikan diatur oleh satuan tugas penanganan Covid-19 wilayah setempat bekerjasama dengan satuan tugas penanganan Covid-19 pada satuan pendidikan.
c. Kegiatan olahraga dan ekstrakurikuler di dalam dan di luar ruangan dilaksanakan sesuai dengan pengaturan pembelajaran di ruang kelas.

Syarat PTM terbatas
Vaksinasi digunakan sebagai salah satu tolak ukur sekolah bisa menyelenggarakan PTM terbatas atau tidak.

Cakupan vaksinasi PTK mempengaruhi jumlah kapasitas peserta didik yang mengikuti PTM terbatas pada PPKM level 1-3. Berikut ini ketentuan terbarunya:

a. PTK yang belum divaksinasi mengajar secara PJJ.
b. PTK yang menolak divaksinasi padahal vaksin tersedia dan memenuhi syarat divaksinasi dapat diberikan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan, yaitu Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020.
c. Meskipun bukan syarat mengikuti PTM terbatas, orangtua/wali diimbau mendorong anaknya yang sudah memenuhi syarat untuk divaksinasi.

Bagi satuan pendidikan yang terbukti melanggar protokol kesehatan diberikan sanksi administratif dan dibina oleh satgas penanganan Covid-19 atau tim pembina UKS. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Kompas.com

6 / 100
banner 325x300