Jelang Idul Fitri, Tol Pekanbaru-Bangkinang Bakal Dibuka Sementara

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang selesai dibangun di kawasan Desa Sungai Pinang. (Foto: RiauPos)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Pemerintah berencana membuka ruas jalan tol Pekanbaru-Bangkinang pada 20 April 2022 mendatang. Pembukaan untuk menyambut arus mudik Idul fitri dengan terlebih dahulu menyelesaikan gate to gate (antargerbang tol) sementara.

Gerbang masuk tol nantinya disiapkan di Desa Sungai Pinang, Rimbo Panjang (seberang gerbang SPN, red) dan gerbang keluar atau exit tol berada di Desa Pasir Sialang, Bangkinang Seberang.

Jalan tol yang merupakan bagian ruas Tol Pekanbaru-Padang ini disiapkan skenarionya untuk dibuka sementara jelang Idul fitri, menimbang antusias pemerintah daerah dan masyarakat.

Di mana sepanjang 31 kilometer dari 40 kilometer seksi tol Pekanbaru-Bangkinang akan dioperasionalkan sementara untuk satu jalur saja, dari Pekanbaru menuju Bangkinang.

Saat ini, proses pengerjaan masih terus dilakukan. Rabu kemarin, terlihat sejumlah pekerja terus menggesa penyelesaian gerbang masuk tol dari Pekanbaru. Lokasinya berada di Sungai Pinang, wilayah Rimbo Panjang, tepatnya di seberang gerbang SPN Polda Riau atau posisi jalan tol berada di sisi kanan jalan nasional.

Nantinya gerbang masuk ini direncanakan dapat dilintasi masyarakat secara gratis selama beroperasi sementara. Progres pekerjaan tol Pekanbaru-Bangkinang per April 2022 konstruksinya sudah menyentuh angka 97,01 persen dan progres lahan 98,94 persen.

Artinya, pekerjaan tinggal finishing untuk menyiapkan gerbang tol masuk dan keluar sementara.

Project Director PT Hutama Karya (Persero), Tol Pekanbaru-Bangkinang, Bambang Eko mengatakan, pihaknya tetap mengupayakan jalan bebas hambatan tersebut fungsional.

“HK sifatnya hanya menyiapkan. Yang memutuskan bisa difungsikannya jalan tol itu dari Kementerian PUPR melalui BPJT,” kata Bambang, Rabu (13/4/2022).

Dijelaskan, pintu masuk dipersiapkan persis dari depan SPN di Desa Sungai Pinang. Sedangkan pintu keluarnya di Bangkinang Seberang, tepatnya di jalan provinsi ruas Petapahan, di Desa Pasir Sialang.

“Itu panjang totalnya 31 kilometer. Tol akan dibuka satu arah, dari Pekanbaru ke arah Bangkinang untuk fungsional sementara menyambut Idulfitri,” tukasnya.

Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer, merupakan satu dari enam seksi ruas tol Pekanbaru-Padang yang membentang 254 kilometer. Tol ini menjadi bagian dari koridor penghubung jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Tol Pekanbaru-Bangkinang dikelola BUJT PT Hutama Karya (Persero) dan akan menjadi tol kedua di Provinsi Riau yang dioperasikan setelah tol Pekanbaru-Dumai.

Saat ini, pengerjaan konstruksi ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang hampir rampung, sedangkan progres rencana gate to gate (masuk dari Desa Sungai Pinang-exit Tol Bangkinang) sudah mencapai 98 persen.

Menurut pihak HK, menjelang diputuskannya bisa atau tidaknya jalan tol Pekanbaru-Bangkinang beroperasi sementara, Kementrian PUPR melalui Badan Penyelenggara Jalan Tol (BPJT) akan melakukan peninjauan terlebih dahulu ke lapangan.

“Informasinya 18 April akan ditinjau dan 20 April 2022 dikeluarkan hasilnya, apakah bisa difungsikan atau tidak,” ungkapnya. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: RiauPos.co

8 / 100
banner 325x300