Cobalah 6 Cara Alami Berikut Untuk Kendalikan Tekanan Darah Tinggi

Cara menjaga agar tidak terjadi tekanan darah tinggi. (Foto: CNNIndonesia)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Mengkonsumsi daging kambing bisa membuat munculnya risiko masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hipertensi merupakan salah satu hal yang banyak dialami manusia zaman sekarang. Faktor gaya hidup dan pola makan menjadikan pengidap masalah kesehatan ini terus meningkat seiring waktu.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi tekanan darah seperti usia, sejarah kesehatan keluarga, obesitas, aktivitas fisik, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol.

Jika faktor-faktor ini dan tekanan darah tak segera disadari, akan memicu banyak masalah kesehatan seperti gagal ginjal, penyakit jantung dan stroke.

Untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi ini, kamu tidak harus mengonsumsi obat sepanjang waktu. Menyesuaikan pola dan jenis makanan juga bisa membantu dalam mengatasi masalah hipertensi ini.

Dilansir dari Medical Daily yang dikutp FokusRiau.Com dari merdeka.com disebutkan beberapa cara alami kendalikan tekanan darah tinggi.

Selalu Periksa Tekanan Darah
Dengan sering memeriksa tensi atau tekanan darah, maka kamu akan lebih terbiasa dalam menerapkan gaya hidup sehat. Sering mengecek juga bisa membuatmu lebih waspada dengan kondisi kesehatan dirimu sendiri.

Hal ini bisa membantu dalam mencegah munculnya masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi ini.

Konsumsi Potassium dan Magnesium
Dua nutrisi sangat penting untuk mengontrol tekanan darahmu sehingga sebaiknya sering dikonsumsi.

Potassium dapat ditemui pada sejumlah sayuran. Magnesium dapat diperoleh dari sayuran, gandum, almond, mete, dan avokad. Konsumsi sejumlah makanan tersebut bisa sangat bermanfaat dalam mengendalikan tekanan darah tinggi dan hipertensi.

Kurangi Makanan Olahan
Hindari konsumsi makanan olahan karena kandungan dari sodium dan gula yang sangat tinggi di dalamnya. Kedua hal ini dapat memperburuk tekanan darah tinggi. Sebaiknya konsumsi makanan seperti buah dan sayur serta olahraga secara rutin.

Jaga Berat Badan Ideal
Memiliki bobot yang lebih berat bisa meningkatkan risikomu mengalami tekanan darah tinggi. Mulailah berolahraga dan jaga berat badan ideal serta konsumsi makanan sehat juga. Menjaga berat badan tetap ideal bisa membantu menjaga tekanan darah tinggi tetap terjaga aman. (bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *