Bupati Sukiman Terima Opini WTP BPK 7 Kali Berturut-Turut

Bupati Sukiman menerima opini WTP dari BPK RI perwakilan Riau. (Foto: Istimewa)

ROKAN HULU, FOKUSRIAU.COM-Pemerintah Kabupaten Rohul kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

Dengan penghargaan yang diterima sekarang, Pemkab Rohul sudah berhasil meraih Opini WTP 7 kali berturut-turut dalam 7 tahun terakhir.

Penyerahan penghargaan dibuktikan dengan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022 yang diberikan langsung Plt. Kepala Perwakilan BPK-RI Riau Arman Syifa kepada Bupati Sukiman dan Ketua DPRD Novliwanda Ade Putra, Jumat (16/6/2023) di Pekanbaru.

Turut mendampingi bupati, Sekda M. Zaki, Asisten III Administrasi Umum Edi Suherman, Staf Ahli Bupati sekaligus Plt Sekwan DPRD Sariaman, Kadis Kominfo Syofwan, Kepala BPKAD Elbizri, Sekretaris Inspektorat Daerah Ari Kurnia Arnold, Kabid IKP Diskominfo Rudy Fadrial dan beberapa Kabid di BPKAD.

Bupati Sukiman mengakui, ini merupakan wujud komitmen Pemkab Rohul dalam pelaksanaan tata kelola keuangan Pemerintah yang transparan dan akuntabel.

“Alhamdulillah, hasil pemeriksaan Terhadap LKPD tahun anggaran 2022, Pemkab Rohul kembali meraih Opini WTP dari BPK-RI. Artinya, Rokan Hulu sudah 7 kali berturut-turut memperoleh WTP sejak tahun 2016,” kata Sukiman.

Sukiman menyebut, Pemkab Rohul terus berkomitmen untuk menindaklanjuti seluruh hasil catatan pemeriksaan yang telah disampaikan.

Atas capaian ini, bupati berharap dapat dijadikan sebagai motivasi bagi ASN dan OPD untuk lebih baik dimasa yang akan datang dalam penyajian dan pengelolaan keuangan daerah.

“Saya juga mengajak kepada kita semua untuk selalu berupaya meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah Rohul khususnya dalam melakukan penyempurnaan penyajian laporan keuangan secara tepat waktu dan akuntabel,” ajaknya.

Untuk diketahui, selain penghargaan dari BPK RI, Pemkab Rohul juga sudah meraih sejumlah penghargaan, seperti Penerimaan Sertifikat Maturitas penyelenggaraan Sistem Pengawasan Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 (tiga) tahun 2023 dan Sertifikat Indeks Penerapan Manajemen Risiko Level 3 dari Kepala BPKP Riau pada 10 Mei 2023 lalu.

Selain itu, ada juga penghargaan Apresiasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Tahun 2022 Wilayah Riau kategori Survei Penilaian Integritas (SPI) dari KPK RI dengan Indeks SPI tertinggi di wilayah Riau. (adv/diskominforohul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *