Selain Trabas Rute Batang Gansal dan Batang Cenaku, BJC Inhu Bagikan Sembako dan Sosialisasi Bahaya Karhutla

oleh -1 views
BJC Inhu menjajal rute Batang Cenaku. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Seperti biasa, setiap libur komunitas off road Bhayangkara Jip Community (BJC) Kabupaten Indragiri Hulu, Riau melakukan trabas dan bakti sosial. Kali ini, BJC Inhu mengarungi dua Kecamatan, mulai Batang Gansal sampai Batang Cenaku.

Namun kali ini dilakukan dengan cara berbeda. Selain menyalurkan hobi off road dan bakti sosial, BJC Inhu turut melakukan sosialisasi bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sepanjang rute yang dinilai rawan karhutla.

Kapolres AKBP Efrizal SIK sebagai pembina utama dan perintis BJC Inhu didampingi Plh Bupati H. Hendrizal M.Si, Ketua BJC Inhu Ipda Baharudin DM dan Direktur PT Swakarsa Sawit Raya (SSR) Hendri Endy di sela kegiatan, Minggu (21/2/2021) menjelaskan, sesuai komitmen dan visi misi BJC yang memprioritaskan bakti sosial sebagai program andalan, setiap turun selalu menyalurkan bantuan pada masyarakat kurang mampu.

“Bantuan yang kita salurkan berupa 50 karung beras. Dimana titik penyaluran difokuskan untuk masyarakat kurang mampu di pedalaman Desa Pajangki, Kecamatan Batang Cenaku,” kata Kapolres.

Selain bakti sosial, sepanjang perjalanan dan setiap lokasi yang disinggahi dilakukan sosialisasi dan imbauan antisipasi karhutla. BJC Inhu juga memberikan pemahaman dan edukasi ke masyarakat tentang dampak dan akibat jika membersihkan lahan dengan cara membakar sekaligus konsekuensi hukum terhadap pelaku karhutla.

Sebelumnya, Sabtu pagi, rombongan BJC Inhu dipimpin Kapolres bertolak dari Rengat melewati jalan lintas timur menuju Batang Gansal.
Dari Batang Gansal, puluhan mobil offroad mulai menjajaki medan jalan yang sudah pasti menantang adrenalin.

Karena sudah malam, rombongan beristirahat diperjalanan dengan mendirikan tenda-tenda, Minggu pagi, petualangan dimulai hingga akhirnya tiba di Desa Pejangki, Kecamatan Batang Cenaku. Kemudian dilakukan penyerahan bantuan beras pada masyarakat kurang mampu.

Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Rengat dan tiba di Rengat tengah malam. (*)

Penulis: Obrin