Kota Padang Terendam Banjir, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

oleh -0 views
Banjir merendam kawasan pemukiman penduduk di Padang. (Foto: Istimewa)

PADANG-Hujan dengan intensitas tinggi sejak Minggu sore terus mengguyur wilayah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Akibatnya, sejumlah daerah terendam air seperti jalan protokol dan kawasan padat penduduk.

Informasi yang diperoleh menyebut, salah satu kawasan yang terendam banjir adalah kompleks Jondul, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan. Di sini, ketinggian air mencapai satu meter dan menggenangi jalanan serta rumah warga.

Salah seorang warga Jondul, Bobby mengatakan, bila hujan tak kunjung berhenti tentu banjir akan lebih parah. Karena selama ini, wilayah Jondul merupakan kawasan langganan banjir. “Setiap hujan deras dengan waktu cukup lama, daerah ini pasti banjir,” ujarnya, Minggu (21/3/2021).

Bobby berharap, pemerintah dapat memperhatikan kondisi wilayah tersebut, sehingga ke depan tidak lagi menjadi daerah langganan banjir. “Tiap kali hujan deras, kami cemas akan banjir,” tukasnya.

Prakiraan BMKG
Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau telah mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan kilat serta angin kencang.

Peringatan dini itu meliputi wilayah Kota Padang, Pasaman Barat, Agam, Bukittinggi, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Tanah Datar. Kemudian Padang Panjang, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Solok, Dharmasraya dan Sijunjung.

“Waspadai potensi bencana alam seperti banjir, longsor dan pohon tumbang,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha kepada wartawan. (*)


Sumber: Liputan6.com