Survei Bursa Capres Charta Politika: Prabowo Ungguli Ganjar-Anies

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

Jika diamati dari daerah tempat tinggal para responden, Prabowo Subianto unggul di Sumatera (26,2 persen) serta Maluku dan Papua (31,8 persen), Kalimantan (27 persen), Sulawesi (22 persen) dan Jawa Barat (25,4 persen). Sementara Sandiaga Uno memperoleh suara cukup tinggi di Sulawesi (22 persen), Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (18,8 persen).

Ganjar Pranowo, melihat hasil survei Charta Politika mendapat perolehan suara tertinggi di Jawa Tengah dan Yogyakarta (50,6 persen) kemudian Jawa Timur (25 persen). Anies Baswedan mendapat perolehan suara tertinggi di DKI Jakarta dan Banten (23,1 persen), kemudian Ridwan Kamil mendapatkan suara tertinggi di Jawa Barat (22,8 persen).

Ganjar Pranowo menolak mengomentari perolehan suara yang ia terima dari para responden dalam hasil survei Charta Politika pada 20-24 Maret 2021. Gubernur Jawa Barat juga mengatakan ia tidak akan mengomentari hasil survei tersebut.

Namun, ia mengatakan hasil survei akan lebih relevan jika para calon telah tampil ke publik sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

“Kalau itu sudah berpasangan, baru lah survei itu lebih mendekati pada realita-realita politik. Tapi jika survei perorangan, dan jaraknya tidak jauh-jauh, belum ada janur kuning di ujung gang, bisa susul-menyusul (nantinya, Red),” kata Ridwan Kamil saat acara peluncuran hasil survei.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sekaligus politikus Partai Gerindra menyambut baik hasil survei Charta Politika.

“Alhamdullilah, Prabowo masih mendapat simpati yang baik dari masyarakat, tetap di urutan pertama. Mudah-mudahan hasil survei ini memberi manfaat bagi kita semua, khususnya kami di internal Partai Gerindra, menjadikan ini bahan pembelajaran dan evaluasi dalam rangka mengambil langkah-langkah ke depan,” kata Reza Patria. (*)


Sumber: Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *