Sudah Memasuki Bulan April, Pemkab Inhu Belum Juga Cairkan ADD Triwulan Pertama

Arifin Saleh. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Sampai April 2021, Alokasi Dana Desa (ADD) triwulan I dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2021 Kabupaten Inhu, Riau masuk belum dicairkan. Mestinya, pencairan ADD triwulan I sudah harus dicairkan Maret lalu.

Ketua Forum Kepala Desa se-Kabupaten Indragiri Hulu, Arifin Saleh kepada FokusRiau.Com, Rabu (14/4/2021) mengatakan, pencairan ADD seharusnya tidak lagi menunggu triwulan I, tetapi sudah masuk proses pencairan triwulan II.

Karena pencairan ADD dilaksanakan dalam empat tahap, dimana tahap I Januari-Maret, tahap II April-Juni, tahap III Juli-September dan tahap IV Oktorber-Desember.

Sementara untuk Dana Desa yang bersumber dari Pemerintah Pusat hanya tiga kali pencairan, pertama dan kedua 40, 40 sementara tahap ketiga sebesar 20 persen.

“Memang berdasarkan informasi, sebagian desa belum mengajukan pencairan ADD, namun desa yang sudah mengajukan seharusnya sudah bisa dicairkan Pemkab Inhu,” katanya.

Untuk itu, Arifin meminta instansi terkait segera memproses pencairan ADD agar honor perangkat desa dan alokasi pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat bisa direalisasikan.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset dan Daerah (BPKAD) Kabupaten Inhu, Ibrahim Alimin mengatakan, untuk ADD sudah siap. Tapi sampai sekarang belum bisa dicairkan ke masing masing desa, karena desa masih banyak yang belum mengajukan pencairan ADD,” tukasnya. (*)

Penulis: Obrin

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *