Meski Sudah Makan Tapi Tetap Kelaparan, Waspadai Ancaman Penyakit Berikut

oleh -0 views
Ilustrasi. Sering lapar juga menjadi tanda awa diabetes mulai menyerang. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Sudah makan tetapi masih merasa lapar? Mungki 10 hal ini menjadi penyebabnya. Melansir dari WebMd, Sabtu (15/5/2021), tubuh manusia memang bergantung pada makanan untuk mendapatkan energi, sehingga wajar apabila kita merasa lapar jika tidak makan selama beberapa jam.

Namun, jika perut anda terus-menerus keroncongan atau merasa lapar, bahkan setelah makan, kemungkinan ada sesuatu yang terjadi dengan kesehatan anda. Istilah medis untuk kelaparan ekstrim adalah polifagia.

Jika Anda merasa lapar sepanjang waktu, segera temui dokter anda. Ini beberapa hal bisa menyebabkan kelaparan.

Diabetes
Tubuh Anda mengubah gula dalam makanan menjadi bahan bakar yang disebut glukosa. Tetapi ketika anda menderita diabetes, glukosa tidak dapat mencapai sel Anda. Tubuh Anda malah mengeluarkannya dan menyuruh anda makan lebih banyak.

Orang yang menderita diabetes tipe 1, khususnya, kemungkinan makan dalam jumlah besar. Selain lonjakan nafsu makan, gejala diabetes bisa mencakup rasa haus yang ekstrim, buang air kecil lebih sering, penurunan berat badan tidak dapat anda jelaskan, penglihatan kabur, luka dan memar yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh, kesemutan atau nyeri di tangan atau kaki anda, dan kelelahan

Gula Darah Rendah
Hipoglikemia atau gula darah rendah terjadi ketika glukosa dalam tubuh turun ke tingkat yang sangat rendah. Ini masalah umum bagi penderita diabetes, tetapi masalah kesehatan lain juga dapat menyebabkannya.

Ini termasuk hepatitis, gangguan ginjal, tumor neuroendokrin di pankreas (insulinomas) dan masalah dengan kelenjar adrenal atau hipofisis. Dalam kasus yang parah, penderita hipoglikemia mungkin tampak mabuk. Mereka mungkin melontarkan kata-kata tanpa sadar dan kesulitan berjalan.

Gejala lain bisa termasuk kegelisahan, merasa jantung berdetak kencang, kulit pucat, gemetar, berkeringat dan kesemutan di sekitar mulut.

Kurang Tidur
Tidak cukup istirahat dapat memengaruhi hormon dalam tubuh yang mengontrol rasa lapar. Orang yang kurang tidur memiliki nafsu makan yang lebih besar dan merasa lebih sulit untuk merasa kenyang. Anda juga cenderung menginginkan makanan tinggi lemak dan berkalori tinggi saat anda lelah.

Efek lain dari kurang tidur termasuk sulit untuk tetap waspada, perubahan mood, kecanggungan, kesulitan tetap terjaga sepanjang hari, dan penambahan berat badan.