Jadikan Tepian Sungai Sail Tempat Kreasi Seniman, DKKP Siapkan Berbagai Program

Salah seorang seniman perempuan Riau, Qori Islami bersama Fitra saat tampil di Showcase of Sungai Sail, beberapa waktu lalu. (Foto: M Yasier/FokusRiau.Com)

PEKANBARU-Setelah sukses menggelar Showcase of Sungai Sail, beberapa pekan lalu, kini Dewan Kesenian Kota Pekanbaru (DKKP) sudah mempersiapkan berbagai program seni lainnya yang akan diselenggarakan sepanjang tahun 2021 ini.

Hal itu terungkap dalam rapat pengurus DKKP yang berlangsung di Sekretariat Rumah Baca, Selasa (6/7/2021).

Ketua DKKP, Fedli Aziz mengatakan, DKKP sudah mendapatkan rekomendasi untuk pemakaian Rumah Baca sebagai sekretariat DKKP. “Ada beberapa program kegiatan yang akan kita laksanakan dalam waktu dekat. Di antaranya, lomba baca puisi virtual dan produksi sinetron tiga episode,” ungkap Fedli.

Agenda besar DKKP lainnya adalah membuat kegiatan kesenian di Tepian Sungai Sail. Kegiatan ini akan diupayakan setiap minggu.

“Insha Allah, berbagai kegiatan seni akan terus kita laksanakan di tepian sungai Sail. Kita sudah berencana menjadikan areal Sungai Sail sebagai tempat bagi seniman berkreasi. Selain itu, ada bazar, pasar seni/budaya dan pasar kuliner #sailriverside. Ini dilaksanakan rutin setiap Sabtu malam Ahad dan akan dimulai Agustus 2021 di pelataran Sungai Sail,” urai Fedli.

Walau situasi dan kondisi masih diselimuti wabah Covid-19, DKKP telah bertekad untuk terus menghidupkan seni dan budaya lewat program-program yang sudah dirancang.

Festival Sungai Sail, Anak Pekan Art Fest, Muhibah Seni Pekanbaru-Tanjung Pinang, Pekanbaru International Folklore Festival. Semua akan dilaksanakan disepanjang tahun ini.

“Saya harap kawan-kawan pengurus di masing-masing komite untuk segera mempersiapkan proposalnya. Mudah-mudahan apa yang sudah kita rencanakan ini terlaksana dengan baik,” tukasnya. (*)

Penulis: M Yasier
Editor: Boy Surya Hamta