Buah Berikut Kaya Vitamin C, Baik Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

oleh -1 views
Ilustrasi lemon yang kaya vitamin C. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Pada masa pandemi Covid-19, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Ada sejumlah manfaat dari vitamin C itu, di antaranya untuk melawan radikal bebas penyebab kanker, penyakit jantung dan penuaan dini.

Sebab, vitamin C mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas tersebut. Manfaat lainnya dari vitamin C, menurut Medline Plus melalui Kompas Health adalah memperbaiki dan memelihara tulang dan gigi.

Kemudian membantu tubuh dalam memproduksi kolagen dan penyerapan zat besi. Untuk mendapatkan vitamin C, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan. Kebutuhan vitamin C bagi orang dewasa adalah sekitar 75-90 mg per hari.

Sementara anak remaja dari usia 14-18 tahun membutuhkan vitamin C 65-85 mg per hari. Lalu anak-anak usia 4-8 hanya membutuhkan 25 mg per hari. Brikut daftar buah yang mengandung vitamin C tinggi dan bagus untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus Covid-19.

Jambu biji
Satu buah jambu biji mengandung 126 mg vitamin C dan mampu mencukupi kebutuhan harian 140 persen. Jambu biji juga kaya antioksidan likope yang berpotensi mencegah atau memperlambat sel kanker tertentu. Buah ini juga memiliki manfaat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Anggur hitam
Anggur hitam atau blackcurrants juga kaya akan vitamin C. Satu cangkir anggur hitam mengandung 101 mg vitamin C dan bisa memenuhi kebutuhan harian 112 persen. Manfaat lain anggur hitam untuk tubuh adalah kandungan falvonoid antioksidan yang bisa menguranngi kerusakan oksidatif yang berhubungan dengan penyakit kronis, seperti jantung, kanker dan penyakit neurdegeneratif.

Kiwi
Kiwi mengandung vitamin C 71 mg dalam setiap satu buahnya. Buah ini mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 79 persen. Sebuah studi menunjukkan bahwa memakan kiwi setiap hari selama 28 hari bisa menurunkan trigliserida 15 persendan kekakuan pletelet darah.

Ini artinya bahwa kiwi selain meningkatkan daya tahan tubuh, juga bisa mengurangi risiko pembekuan darah dan penyakit stroke.