Ketika Harimau Sumatera Buntuti Pekerja Kebun Sawit di Inhil Riau

Ilustasi harimau sumatera. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) muncul di lokasi perkebunan sawit Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Kemunculan satwa langka dilindungi itu sempat direkam pekerja kebun.

Dari rekaman video, harimau tampak berjalan di tepi parit. Satwa belang itu seakan membuntuti para pekerja yang menggunakan mobil. Belakangan video yang viral itu diketahui direkam, Juni 2021 lalu.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau tak menampik soal kemunculan harimau sumatera di wilayah itu. Mereka juga telah mendapatkan dua video berdurasi 14 detik dari kamera trap yang dipasang di sana.

Dalam video tampak jelas harimau muncul tepat di depan kamera. Si belang dewasa diikuti dua ekor anaknya.

Kepala Balai BKSDA Riau Suharyono memastikan, harimau yang muncul itu adalah indukan dan berjenis kelamin betina. “Harimau yang direkam pekerja itu sama persis dengan tangkapan kamera trap kita,” kata Haryono, Senin (19/7/2021).

Namun video milik pekerja PT Riau Indo Agro (RIA) itu dipastikan berada di wilayah Indragiri Hilir, tepatnya di wilayah Green Belt, Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran.

Sementara itu, video harimau dan dua anakan yang terekam kamera BBKSDA terjadi pada April lalu. “Diperkirakan usia anakan saat itu berusia sekitar dua bulan. Artinya saat ini anakan harimau itu sudah berusia lima bulan,” ulasnya.

Dievakuasi dari Pasaman Barat
Sementara BKSDA Sumatera Barat (Sumbar) mengevakuasi seekor harimau bernama Kanti Marama, dari area perkebunan kelapa sawit PT Pasaman Marama Sejahtera (PMS) Kabupaten Pasaman Barat, Senin (19/7/2021).

“Benar, kita berhasil menyelamatkan seekor satwa harimau sumatera yang masuk ke masuk ke salah satu ‘boxtrap’ (perangkap) yang dipasang BKSDA,” kata Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, Ardi Andono dilansir Antara.

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *