Sudah 134 Hari Laporta Memimpin Barcelona, Pelan Tapi Pasti

Joan Laporta secara perlahan bawa Barcelona keluar dari krisis. (Foto: Reuters/Albert Gea)

PEKANBARU-Sudah 134 hari sejak Joan Laporta terpilih sebagai presiden Barcelona. Berbagai proyeksinya dinilai berjalan pelan, namun pasti.

Marca melansir, Laporta memang menunggu sampai akhir musim untuk mulai bekerja. Meski berjalan perlahan, namun dia dianggap mulai membawa perubahan besar yang diperlukan di Camp Nou.

Langkah besar pertama adalah mendapatkan dukungan dari anggota klub resmi Barcelona untuk melakukan restrukturisasi utang lewat kerja sama dengan Goldman Sachs.

Barcelona mendapatkan dana 525 juta euro dari perusahaan tersebut guna mengatasi kesulitan finansial akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, Barcelona juga sudah bergerak cepat di pasar bursa transfer. Para pemain yang didatangkan seperti Sergio Aguero dan Memphis Depay berstatus bebas transfer.

Klub arahan Ronald Koeman juga sukses mendapatkan Eric Garcia dari Manchester City dan Emerson dari Real Betis. Kedua pemain diharapkan bisa menjadi solusi rapuhnya lini belakang mereka musim lalu.

Saat ini, Laporta harus menerapkan kebijakan penting untuk menjaga stabilitas keuangan klub. Persetujuan pemotongan gaji menjadi jalur yang akan ditempuh.

Masih laporan Marca, Barca berencana melakukan pengurangan gaji pemain rata-rata berkisar 10 hingga 15 persen. Mereka juga harus rela melepas pemain bintang untuk mengurangi beban pembayaran gaji besar.

Laporta juga sedang berupaya mempertahankan Lionel Messi di Camp Nou. Pembaruan kontrak Messi di Barcelona akan menjadi berita yang dinanti para fan Blaugrana.

Media-media Spanyol menyebut, Messi secara lisan sudah menyepakati tawaran kontrak Barcelona dengan durasi lima tahun. Hanya saja, sejauh ini kedua belah pihak belum benar-benar sepakat soal besaran gaji. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *