Mana Lebih Sehat Teh Panas atau Es Teh, Coba Baca Penjelasannya

Teh panas. (Foto: Pixabay)

PEKANBARU-Teh sudah menjadi minuman sehari-hari hampir seluruh masyarakat Indonesia. Hampir setiap rumah pasti menyediakan teh. Bukan hanya untuk dikonsumsi bersama keluarga, tapi juga sebagai sajian kepada tamu yang datang.

Selain itu, banyak juga warung makan yang menyediakan teh tawar untuk konsumennya. Hal itu menunjukkan, betapa dekatnya hubungan masyarakat Indonesia dengan minuman teh.

Setidaknya, ada dua cara penyajian minuman teh yang paling umum, yakni diseduh menggunakan air panas lalu disajikan atau ditambahkan es agar menjadi dingin.

Keduanya sama-sama nikmat, apalagi diminum pada waktu yang tepat. Akan tetapi, bagaimana dengan manfaatnya bagi kesehatan? Mana yang lebih sehat antara es teh dan teh panas?

Berikut perbandingan dampak terhadap dari es teh dan teh panas.

Teh mengandung banyak antioksidan
Seperti diketahui, ada sekali jenis teh. Salah satunya teh hijau. Jenis teh ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga bermanfaat untuk mencegah kanker.

Selain antioksidan, teh juga mengandung katekin, xanthine dan asam galat. Jumlah kandungan teh pun berbeda-beda, bergantung jenis dan cara menyeduhnya.

Cara menyeduh teh
Sebuah penelitian yang dipublikasikan di NCBI meneliti tiga jenis teh dengan tiga macam cara menyeduh yang berbeda.

Selama ini, setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menyeduh teh. Ada yang diseduh dengan air panas, namun ada juga yang merebus daun atau bubuk teh bersama air. Akan tetapi, ada yang menyebut, memasak teh dengan air panas akan membuat kandungannya berkurang.