Auman Harimau Bikin Warga Solok Selatan Takut, Sebelumnya Anak Sapi Ditemukan Mati Diterkam

oleh -48 views
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

PADANG, FOKUSRIAU.COM-Warga Jorong Bariang, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) diliputi rasa takut usai mendengar auman harimau.

Auman itu terdengar jelas di lokasi matinya anak sapi akibat diterkam harimau. Kini, warga kembali mendengar auman sang raja hutan tersebut.

Tidak ingin ada hal yang mengerikan terjadi, warga melaporkan kejadian tersebut ke BBKSDA Sumbar.

Sebelumnya, Pj Wali Nagari Lubuk Gadang Utara, Joni Pardilo membenarkan soal suara harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) yang didengar masyarakat.

Joni mengatakan, suara harimau ini kembali terdengar di sekitar kawasan ditemukan anak sapi yang diduga mati akibat diterkam harimau sumatera.

Sebelumnya, Selasa (26/10/2021) seekor anak sapi diterkam dan ditemukan bekas luka dekat leher. Ada juga jejak kaki diduga harimau sumatera di sekitar lokasi kejadian.

“Ya ada bunyi, masih ada gaungnya (mengaum). Lokasinya di sekitar ternak atau anak sapi kemarin ini ditemukan mati,” kata Joni, Minggu (31/10/2021).

Dikatakan, suara tersebut terdengar dalam waktu beberapa hari belakangan ini sehingga membuat keresahan di masyarakat.

Karena itu, pihaknya melaporkan kejadian ini ke petugas BKSDA agar dapat menindaklanjutinya. “Tadi malam sekitar pukul 17.00 WIB, Sabtu (30/10/2021) petugas BKSDA melakukan kegiatan pengusiran dengan suara-suara,” katanya.

Pengusiran dilakukan persis di lokasi harimau sumatera menerkam ternak warga berupa anak sapi.

“Alat yang digunakan dalam melakukan pengusiran adalah meriam buatan. Rencananya kegiatan pengusiran ini akan dilakukan selama 2 hari kedepan,” katanya.

Disebutkan, kegiatan ini juga diikuti Babinsa, Bhabinkamtibmas, perangkat nagari dan masyarakat sekitar. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: TribunPekanbaru

9 / 100