HUT PDI Perjuangan, Megawati Singgung Sumatera Barat yang Kini Berbeda

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. (Foto:Tangkap Layar Youtube)

HUT PDI Perjuangan
Di sisi lain, Megawati Soekarnoputri berharap partainya bisa terus eksis sepanjang bangsa Indonesia ada.

Awalnya, Megawati mengungkapkan dalam memimpin PDIP, dirinya selalu digerakkan situasi masa lampau, masa kini, imajinasi dan cita-cita masa depan bangsa yang saat ini terus diperjuangankan.

Dalam perenungan itu, Megawati merasakan rekam jejak sejarah PDI perjuangan begitu diwarnai oleh semangat pantang menyerah.

Dia menyebut, PDI perjuangan sebagai partai yang berdiri kokoh karena tempaan sejarah.

“Suatu semangat bagaikan api nan tak kunjung padam, suatu energi yang digerakkan oleh daya imajinasi dan cita-cita masa depan bangsa. Yang hingga saat ini terus terus terus kita perjuangkan sejarah perjuangan sangatlah panjang saya menyebutnya selalu adalah dari PDIP ke PDIP Perjuangan,” kata Megawati.

“Tentu dimulai dari Partai Nasional Indonesia atau PNI yang didirikan oleh Bung Karno. Lahirnya PDIP pada tanggal 10 Januari 1973 karena dilakukan fusi dari 5 partai pada waktu itu hingga berbagai peristiwa politik yang oleh kehendak rakyat akhirnya melahirkan PDI Perjuangan,” lanjutnya.

Presiden ke-5 RI itu menuturkan nilai-nilai perjuangan tersebut selalu menjadi perenungannya sembari selalu melakukan kritik dan autokritik.

Ditambah dengan kehendak rakyat yang terus dijadikan pegangan setiap dirinya mengingat keseluruhan sejarah PDI Perjuangan.

Mega pun berharap PDI Perjuangan bisa terus eksis sepanjang bangsa Indonesia ada.

“Saya selalu memohon agar partai yang saya pimpin ini bisa eksis panjang bangsa Indonesia ada negara Indonesia ada, eksis untuk selama-lamanya, mengapa? Sebab seluruh akar sejarah kelahiran partai ini tidak pernah terlepas dari sejarah bangsanya bayangkan dari sebelum merdeka dengan PNI lalu setelah merdeka difusikan menjadi PDI lalu setelah itu menjadi PDIP Perjuangan,” tukasnya. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: TribunNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *