Mobil Pedagang Terjun ke Danau Maninjau, Diduga Inilah Penyebabnya!

Memplung ke Danau Maninjau, diduga pemilik lupa memasang rem tangan. (Foto: Istimewa)

AGAM, FOKUSRIAU.COM-Mobil warga Jorong Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) terjun ke Danau Maninjau, Rabu (26/1/2022).

“Benar, kejadiannya sekitar pukul 09.00 WIB. Mobil milik warga Jorong Nagari nyemplung ke danau,” kata Sekretaris Nagari Sungai Batang, Ade Candra, Rabu siang.

“Informasi yang kami terima, mobil tersebut nyemplung karena pemilik diduga lost control atau lupa memasang rem tangan,” tambahnya.

Dikatakan, mobil tersebut sepengetahuannya ialah mobil jenis carry. Jadi, pemilik mobil tersebut ialah warga bernama Hen yang merupakan warga setempat dan juga seorang pedagang.

“Kebetulan hari ini hari balai (Pasar) di Sungai Batang, jadi Hen memarkirkan kendaraannya di halaman masjid di tepi danau, dekat pasar,” tuturnya.

Kemudian, Hen diduga tidak memasang rem tangan dan selanjutnya beranjak ke pasar untuk berjualan.

Adapun posisi parkir mobil itu mengarah ke danau, karena permukaan tanah halaman masjid yang agak miring, membuat mobil tersebut bergerak dan nyemplung ke danau.

Beruntung, tiada korban dalam kejadian ini, begitu juga tiada barang dagangan yang tertinggal di mobil tersebut, karena sudah dibawa oleh pemilik ke pasar.

Dievakuasi Masyarakat Pakai Ponton
Mobil tersebut kemudian dievakuasi masyarakat setempat. Ade mengatakan, evakuasi mobil milik pedagang tersebut dilakukan masyarakat setempat dengan perahu ponton.

“Jadi siang ini masyarakat membantu evakuasinya dengan perahu ponton, perahu yang terbuat dari bambu,” kata Ade.

Mobil digiring ke tepian danau dengan perahu ponton itu. Setelah di tepian danau, barulah masyarakat menarik mobil itu secara bersama-sama. “Karena sudah sampai tepian danau, barulah ditarik ke daratan,” tambah Ade. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: TribunPadang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *