News  

Piton Delapan Meter Gigit Youtuber di Riau, Darah Bercucuran

Pawang ular Amar dan ular piton sepanjang delapan meter saat pelepasliaran di hutan Riau. (Foto: TribunPekanbaru)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-YouTuber penakluk ular di Riau bernama Muammar Syahida digigit ular piton berukuran 8 meter saat kegiatan pelepasliaran di hutan.

Akibatnya, kaki pria kelahiran Solo 23 Maret 1993 ini banyak mengeluarkan darah dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Peristiwa nahas itu terjadi, Kamis (12/5/2022). Saat itu, dia bersama tim Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, masuk ke salah satu hutan konservasi untuk melepasliarkan dua ular yang sebelumnya ditemukan warga.

“Ini kaki cuma bisa lurus, tidak bisa ditekuk, kena urat, mau gerak susah,” ucap Amar, Jumat (13/5/2022) di Pekanbaru.

“Waktu itu ada dua ular yang dilepasliarkan. Satu yang Amar evakuasi dari Bunut Pelalawan. Satu lagi dari BBKSDA. Cuma yang dari BBKSDA udah dikasih makan Sebelumnya, jadi nggak ada perlawanan. Beda sama ular Amar. Yang dilepas pertama ular yang Amar dapat itu,” imbuh pemilik channel Amar PD itu.

Dikatakan, insiden tak terduga ini bermula saat ular baru saja dikeluarkan dari karung. Ular lalu direntangkan untuk mengukur panjang pastinya. Ada beberapa orang yang ikut memegangi, termasuk Amar.

“Jadi ngukurnya dari ekor, Amar pegang kepala. Waktu sampai 5 meter, belum sampai kepala, Amar udah nggak kuat lagi megangnya. Karena tenaganya kuat. Amar jadi ikut kebawa (jatuh) sama dia,” ujarnya dikutip FokusRiau.Com dari TribunPekanbaru.com.

Amar kemudian melepas bagian kepala ular. Beberapa orang petugas dari BBKSDA Riau ikut jatuh dan berusaha menghindar.

Diungkapkan, kondisi tanah saat itu tidak rata, tapi seperti lereng. Ketika ular lepas, posisi Amar lebih rendah dari ular.

Amar kemudian berupaya menangkap kembali kepala ular tersebut. Tapi posisi kuda-kuda kaki Amar ternyata tidak kuat, karena posisi tanah yang miring.

“Amar agak menunduk gitu jadinya, tiba-tiba ularnya berbalik, kuda-kuda Amar tidak pas. Dia langsung gigit paha. Amar jatuh ke tanah, ularnya lalu melilit di paha,” ungkap Amar.

Atas kejadian itu, sejumlah petugas berupaya membantu. Amar pun mencari celah untuk meloloskan diri.

Beruntung tak sampai semenit, ular berhasil lepas dari kaki Amar dan langsung merayap masuk hutan.

Sementara celana yang dipakai Amar robek. Darah segar pun bercucuran. “Urat yang kena, jadi mau ditekuk susah, mau jalan juga sakit,” ungkap Amar.

Meski kakinya tergigit ular, dirinya masih sempat membuat konten video. Apalagi di perjalanan, ia menemukan ular lain di dahan kayu. Amar menuturkan, usai mendapat penanganan medis di rumah sakit, ia kini sudah kembali ke rumahnya.

Ia sedang beristirahat guna pemulihan. Amar mengaku ia belum bisa terlalu banyak bergerak, karena terasa sakit terlebih di bekas gigitan.

Menurut pria yang memiliki subscriber YouTube sebanyak 301 ribu ini, untuk pemulihan bisa memakan waktu cukup lama.

“Dulu Amar dulu pernah digigit di tangan, ular 2 meter itu bisa seminggu lebih (baru pulih). 2 minggu pun masih terasa uratnya. Kalau ini mungkin bisa lama, soalnya bekas gigi yang nempel di paha ada sekitar 40, sobek soalnya,” beber dia.

Amar menambahkan, untuk sementara pun ia terpaksa berhenti membuat konten video YouTube sampai kondisinya betul-betul pulih. (bsh/trp)

5 / 100
banner 325x300