Kiamat Kian Dekat, 8 Tanda Sudah Terjadi, Salah Satunya Arab Menghijau

Pemandangan hijau dari tahun 1980-an hingga awal 2010-an di utara Arab Saudi. (Foto: Dok: NASA)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Hari kiamat memang pasti akan terjadi. Dalam Islam, kiamat menjadi bagian penting aqidah umat, karena terdapat dalam rukun iman.

Namun demikian, tak ada seorangpun yang mengetahui dengan pasti kapan waktu pasti terjadinya kiamat. Hanya Allah SWT yang mengetahui kapan waktu terjadinya kiamat. Yang pasti, hari kehancuran itu akan tiba.

“Sesungguhnya kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya dan sesungguhnya Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.” (Q.S. Al-Hajj: 7).

Kepastian terjadinya kiamat juga terdapat dalam QS Al-A’raf:

“Mereka menanyakan kepadamu (Nabi Muhammad) tentang kiamat, ‘Kapan terjadi?’ Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentangnya hanya ada pada Tuhanku. Tidak ada (seorangpun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk yang) di langit dan di bumi. Ia tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Nabi Muhammad), ‘Sesungguhnya pengetahuan tentangnya hanya ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.’” (Q.S. Al-A’raf: 187).

Meski tak ada yang tahu waktu terjadinya kiamat tiba, namun Allah SWT memberikan petunjuk mengenai tanda-tandanya. Bahkan, beberapa tanda kiamat itu sudah terjadi.

Berikut delapan tanda kiamat yang sudah terjadi dilansir rumahzakat.org, Selasa (21/5/2024).

Sebelum kiamat besar terjadi, rupanya banyak tanda-tanda kiamat kecil (sughra) yang telah terjadi. Apa sajakah tanda-tanda kiamat kecil yang telah terjadi sebelum kiamat besar? Berikut penjelasannya yang redaksi kumpulkan dari berbagai sumber:

1. Kematian
Salah satu tanda kiamat kecil yang telah terjadi adalah kematian. Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati, termasuk juga manusia.

“Bila salah seorang mati maka sesungguhnya kiamatnya telah tiba.” (H.R. Dailami).

2. Wafatnya Rasulullah SAW
Tanda kiamat yang sudah terjadi lainnya adalah wafatnya Rasulullah saw. Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, salah satu tanda kiamat adalah wafatnya Rasulullah saw.

3. Bulan yang Terbelah
Di zaman Rasulullah saw. pernah terjadi fenomena yang mengagetkan, yakni bulan yang terbelah. Rasulullah saw. yang membelah bulan sebagai bukti mukjizat sebagai nabi.

“Telah dekat (datangnya) saat (Kiamat) itu, dan telah terbelah bulan. Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat sesuatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata, ‘(Ini adalah) sihir yang terus-menerus.’” (Q.S. Al Qamar :1-2).

4. Munculnya Nabi-Nabi Palsu
Nabi palsu ini banyak muncul di masa kepemimpinan Abu Bakar. Dan Rasul saw. telah memprediksi perihal nabi palsu ini.

“Akan ada pada umatku tiga puluh pendusta, semuanya mengaku sebagai nabi.” (H.R. Abu Dawud).

5. Tanah Arab Menjadi Hijau
Salah satu tanda kiamat kecil lainnya adalah tanah Arab yang dikenal tandus, gersang, dan berupa gurun pasir yang panas akan berubah menjadi hijau. Dan fenomena ini telah terjadi di masa kini.

“Tidak akan tiba hari Kiamat hingga tanah Arab kembali hijau penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai.” (H.R. Muslim).

6. Baitul Maqdis Ditaklukan
Peristiwa ini terjadi di masa Khalifah Umar bin Khattab pada tahun 16 Hijriah.

“Hitunglah enam (tanda) menjelang kiamat, yaitu kematianku, penaklukan Baitul Maqdis …” (H.R. Bukhari).

7. Pertikaian antara Ali bin Abi Thalib r.a. dengan Muawiyah

“Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga dua kelompok besar saling berperang dan karenanya banyak terbunuh, padahal dakwah mereka sama.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

8. Munculnya Api dari Hijaz
Tanda kiamat kecil lainnya yang telah terjadi adalah kemunculan api yang sangat besar dari Hijaz atau dikenal dengan Madinah. Cahaya api itu bahkan bisa terlihat sampai ke Kota Busra di Syam atau kini dikenal sebagai Suriah.

Api itu muncul di suatu lembah yang panjangnya sekitar 4 farsakh atau 4 mil dan menyala sampai satu bulan lamanya. Fenomena ini terjadi tahun 654 Hijriah. Akibat fenomena ini seorang pengendara unta bisa terus melakukan perjalanan meski pada malam hari saking terangnya api itu.

“Hari kiamat tidak akan tiba sampai ada api yang keluar dari tanah Hijaz, sehingga leher unta yang di Busra bisa terlihat.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Selain tanda-tanda di atas, masih banyak tanda-tanda kiamat kecil yang telah terjadi. Misalnya, banyaknya fitnah, maraknya pembunuhan, umat Islam bermegah-megah membangun masjid, banyak manusia yang berlomba membangun gedung pencakar langit, orang-orang munafik akan berkuasa, homoseksual dan lesbian menyebar luas, orang-orang memutus silaturahmi dan lain sebagainya. (bsh/liputan6.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *