5 Minuman Berikut Diyakini Bisa Melangsingkan Perut, Boleh Dicoba

Ilustrasi teh dan kopi. (Foto:Shutterstock)
  1. Teh hitam
    Tak sepopuler teh hijau, namun teh hitam juga mengandung substansi yang dapat menurunkan berat badan. Teh hitam tercipta lewat proses oksidasi yang lebih lama, itu sebabnya warna dan rasanya lebih kuat. Di dalamnya, terdapat flavonoid, jenis antioksidan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam penelitian, kandungan polifenol dalam teh hitam dapat menurunkan konsumsi kalori seseorang, memecah lemak lebih optimal, termasuk memberikan stimulus terhadap pertumbuhan bakteri baik dalam pencernaan. Penelitian lain terhadap 2.734 perempuan, diketahui mereka yang mengonsumsi teh hitam secara rutin memiliki lemak tubuh lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak. Penumpukan lemak di perut pun jauh lebih sedikit.

  1. Air putih
    Tak perlu sulit mencari, air putih juga termasuk minuman untuk mengecilkan perut yang bisa diandalkan. Mengonsumsi air bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama saat jeda antara waktu makan, sekaligus menambah kalori yang terbakar.

Dalam sebuah studi terhadap 48 orang dewasa dengan berat badan berlebih, mereka yang mengonsumsi 500 ml air putih sebelum makan dan membatasi asupan kalori, berhasil menurunkan 44% berat badan dalam periode 12 pekan. Tak hanya itu, minum air putih juga meningkatkan kalori yang dibakar saat sedang beristirahat sekali pun.

  1. Cuka apel
    Popularitas cuka apel sebagai minuman kesehatan semakin meningkat, bahkan bisa menjadi alternatif saat memulai hari. Dalam cuka apel, terdapat asam asetat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Caranya adalah dengan menurunkan kadar insulin, mengoptimalkan metabolisme, membakar lemak, hingga menekan nafsu makan.

Dalam sebuah studi terhadap 144 orang dewasa obesitas, mengonsumsi 2 sendok makan (30 ml) cuka apel setiap harinya berhasil menurunkan berat badan secara signifikan. Tak hanya itu, lingkar pinggang dan lemak di perut juga ikut menurun. Namun, jangan lupa berkumur setelah minum cuka apel karena minuman asam seperti ini dapat berdampak pada gigi.

Selain beberapa minuman untuk mengecilkan perut di atas, jus sayuran serta minuman dengan protein tinggi juga bisa membantu mencapai berat badan ideal. Kandungan dalam teh hijau, kopi, atau teh jahe dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

Tentunya, mengonsumsi minuman ini harus disertai dengan aktivitas fisik dan menjaga pola makan lainnya. Hindari pula mengonsumsi minuman isotonik, minuman bersoda, atau minuman dengan pemanis tambahan yang justru berlawanan dengan misi menurunkan berat badan. (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *