Kasus Covid-19 Terus Naik, Tingkat Positif Sumbar Berpotensi Tinggi

oleh -2.029 views
Pasien Corona tegah dirawat. (Foto:Antara)

Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Andani Eka Putra mengingatkan akan potensi tingkat kepositifan di Sumbar. Dia menyatakan, angka kasus positif Covid-19 yang terus meninggi mengakibatkan bertambahnya tingkat kepositifan, yakni dua hingga tiga persen seminggu ini. Meski begitu, angka tersebut masih di bawah standar WHO, yaitu lima persen.

Andani mengatakan, kendati demikian Sumbar harus mewaspadai tingginya angka kasus. Menurutnya, jika kasus terus tinggi, tingkat kepositifan di Sumbar bisa mencapai 15 persen. Hal itu mengakibatkan banyaknya tenaga kesehatan meninggal.

Untuk mencehah tingginya tingkat kepositifan, kata Andani, pihaknya sedang melakukan adu cepat pemeriksaan (testing) dan penelusuran (tracing) dengan penyebaran Covid-19. Jika pemeriksaan dan penelusuran berhasil, Sumbar akan bisa mengatasi Covid-19.

Agar pemeriksaan dan penelusuran di Sumbar berhasil, Andani mengimbau pemerintah daerah dan semua pihak terkait untuk memaksimalkan tes swab di berbagai tempat untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Menurutnya, hanya dengan pemeriksaan dan penelusuran yang masif Sumbar bisa menang melawan Covid-19. (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *