Gubernur Syamsuar Tunjuk Plt Bupati Bengkalis, Mahasiswa Demo

Mahasiswa berdemonstrasi terkait penunjukkan Plt Bupati Bengkalis oleh Gubernur Syamsuar. (Foto: Liputan6.com)

Menurut koordinator lapangan Robi Kurniawan, Syahrial Abdi memang punya track record bagus dalam pemerintahan. Apalagi nama ini pernah menjadi Penjabat Bupati Kampar ketika terjadi kekosongan pemerintahan di daerah itu.

Hanya saja, penunjukan ini sarat politis, karena Bengkalis bakal melaksanakan pilkada serentak 2020. Salah satu kader Golkar juga mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah di sana. “Indra Gunawan Eet selaku Sekretaris Golkar maju, kami takut gubernur punya kepentingan karena dia merupakan ketua Golkar Riau,” kata Robi.

Robi tak ingin pilkada Bengkalis tercoreng kalau nantinya penunjukan pelaksana tugas bupati bermuatan politis. Robi dan massa aksi khawatir pilkada Bengkalis tidak bersih sehingga menghasilkan kepala daerah bermasalah.

Selain itu, Robi menilai rekomendasi untuk pelaksana tugas Bupati Bengkalis dilakukan sepihak tanpa mempertimbangkan aspirasi masyarakat tempatan. Dia ingin gubernur meninjau ulang pengusulan ini. “Kami ingin pilkada berjalan bersih dan lancar, sudah ada Sekda di sana kenapa harus ditunjuk orang luar,” ucap Robi.

Jika tuntutan tak dihiraukan, Robi berjanji datang lagi dengan jumlah massa lebih banyak. Setelah bergantian menyampaikan aspirasi, massa membubarkan diri setelah dikawal ketat puluhan polisi.

Sebelumnya, usulan Syahrial Abdi menjadi pelaksana tugas Bupati Bengkalis sudah ada sejak Agustus 2020. Syahrial menyatakan siap melaksanakan tugas karena mendapatkan kepercayaan dari gubernur. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Liputan6

banner 325x300