Persediaan Obat RS di Pekanbaru Menipis, Ruangan Isolasi Penuh

oleh -0 views
Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi menyalurkan bantuan obat Avigan untuk penanganan pasien . (Foto: Merdeka.com)

Kapolda Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menuturkan, tujuannya ke RS rujukan Covid-19 sejalan dengan perintah Presiden, Kapolri Jenderal Idham Azis dan Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo untuk menurunkan angka penularan Covid-19, meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian pasien Covid-19.

Disampaikan, selain Avigan yang sudah tersedia di Pekanbaru sejak minggu lalu, tenaga kesehatan juga meminta disediakan Remdesivir secepatnya. Karena itu, dia langsung berkomunikasi dengan Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito dan mendapat kepastian obat itu akan segera tersedia di Indonesia.

“Kami juga sudah mengontak langsung pemegang lisensi Remdesivir di Jakarta dan meminta secara khusus dalam kesempatan kedatangan pertama obat injeksi Remdesivir di Indonesia dan Provinsi Riau dipastikan akan mendapatkan alokasi stok karena termasuk dalam provinsi yang kasus positif Covid-19 sangat tinggi,” ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Riau hingga Minggu siang, total kasus akumulatif Covid-19 ada 4.990. Dari jumlah itu, yang dinyatakan sembuh ada 2.084 orang dan meninggal dunia 96 orang.

Jumlah pasien yang masih memerlukan pengobatan paling banyak melakukan isolasi mandiri, yakni sebanyak 1.959 orang, sedangkan yang masih dirawat di RS rujukan ada 851 orang. (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Antara