Dukung Vaksinasi Covid-19 di Rohul, Bupati Sukiman Yakinkan Masyarakat Vaksin Aman dan Halal

Bupati Sukiman mengimbau masyarakat untuk bersedia di vaksin. (Foto: Istimewa)

ROKAN HULU-Bupati Sukiman mendukung penuh rencana pemerintah melakukan vaksinasi Covid-19. Dia berharap, vaksin tersebut bisa mengurangi penyebaran Covid-19. Untuk Rokan Hulu, vaksinasi Covid-19 tahap I termin ke-2 akan berlangsung 1 Februari 2021.

Sukiman mengimbau seluruh masyarakat Rokan Hulu ikhlas dan bersedia divaksin Covid-19. “Karena vaksin itu upaya pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19 di daerah kita ini (Rokan Hulu),” ujar Sukiman, Selasa (26/1/2021).

Dia juga mengimbau seluruh elemen masyarakat yang ditunjuk pemerintah sebagai calon penerima vaksin ikut mendukungnya, begitu juga dengan seluruh OPD turut memberikan dukungan serta mensosialisasikan pelaksanaan vaksinasi ke warga.

“Kita berharap semua berjalan lancar agar imunitas tubuh semakin kuat, sehingga bisa melindungi masyarakat kita dari penularan Covid-19,” harapnya.

Selain itu, Bupati Sukiman juga meyakinkan warga kalau vaksin Covid-19 Sinovac aman dan halal. Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM juga sudah menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin tersebut.

Vaksin Sinovac, menurut Sukiman telah mendapatkan izin untuk digunakan dari Majelis Ulama Indonesia atau MUI dan telah keluar fatwa halalnya. “Ini merupakan jaminan dan kepastian dari vaksin tersebut,” ujar Sukiman sembari menambahkan kalau vaksin Sinovac bisa memberikan perlindungan bagi warga Rohul dari Covid-19.

Pemkab Rokan Hulu, melalui Dinas Kesehatan sudah mensosialisasikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ke seluruh Puskesmas tersebar di 16 kecamatan mulai Kamis 21 Januari sampai Jumat 29 Januari 2021.

Berdasarkan informasi Dinkes Rokan Hulu, alokasi vaksin Sinovac untuk Rokan Hulu sekira 4.280 vial, dan sudah terdata 580 Tenaga Kesehatan (Nakes) yang akan disuntik vaksin Sinovac tahap 1 pada Februari 2021.

Vaksinasi di Rokan Hulu akan dilaksanakan di 22 Puskesmas serta empat rumah sakit rujukan yang telah memiliki Cold Chain dan Vaccine Carrier dengan Kondisi baik. (adv/diskominfo)

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *