Kapten dan 4 ABK Kapal India Positif Covid-19, Diketahui Usai Tes PCR Saat Sandar di Pelabuhan Dumai Riau

oleh -69 views
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Empat anak buah kapal (ABK) asal India yang sedang sandar di pelabuhan Kota Dumai, Riau terkonfirmasi positif Covid-19. Sebelumnya, kapten kapal yang juga asal India lebih dulu terpapar virus itu.

“Ada tambahan lagi empat ABK-nya positif, setelah dites PCR,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5/2021).

Dikatakan, gejala yang dialami keempat ABK kapal India tersebut masih tergolong ringan. Berbeda dengan sang kapten kapal, yang kini sudah mendapatkan perawatan khusus di salah satu rumah sakit di Pekanbaru, karena tergolong gejala berat.

Sejauh ini, belum diketahui apakah mereka membawa varian baru Covid. Keempat ABK kapal itu, menurut Yovi, kini disarankan melakukan isolasi dalam kapal. Tim medis diturunkan untuk memantau kondisi kesehatan mereka.

“Tahu sendiri bagaimana perjuangan tim medis, pakai baju hazmat naik tangga kapal. Tapi bagaimana pun ini tugas, siapa pun dan dari mana pun sudah kewajiban kita memberikan pertolongan,” imbuh Yovi.

Untuk ketahui, sampel swab positif Covid-19 kapten kapal India diuji ke Jakarta. Hal itu untuk mengetahui apakah termasuk virus varian baru atau tidak. (*)


Sumber: Kompas.com

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *